Brilio.net - Jengkol, sebuah bahan makanan yang sering diolah menjadi berbagai hidangan seperti gorengan, semur, atau tumis balado, memiliki penggemar setia karena cita rasanya yang gurih dan lezat. Selain aspek kuliner, jengkol juga dipercaya memiliki manfaat kesehatan. Menurut situs healthbenefitstime.com, konsumsi jengkol dapat membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti anemia, kerusakan tulang, dan penyakit jantung.

Dalam proses pengolahan jengkol, merebus adalah langkah awal yang umum dilakukan untuk memperoleh tekstur yang empuk. Namun, tantangan utama dalam memasak jengkol adalah menghilangkan aroma khasnya yang bagi sebagian orang dianggap mengganggu. Seorang pengguna media sosial bernama Vivid membagikan pengalamannya dalam mengatasi masalah ini dengan cara yang sederhana dan efektif.

"Tips merebus jengkol biar nggak bau mulut dan bau di toilet," ujar pemilik akun TikTok @vividsyafii, dikutip BrilioFood pada Jumat (11/10).

Metode yang direkomendasikan Vivid tidak memerlukan perendaman lama atau penggunaan kopi. Caranya cukup sederhana: jengkol direbus dalam air bersama dengan sejumlah beras. Ternyata, beras memiliki kemampuan untuk menyerap dan menghilangkan bau tak sedap dari jengkol. Keefektifan beras dalam menghilangkan bau tidak terbatas pada jengkol saja.

Menurut thekitchn.com, beras juga dapat digunakan untuk menghilangkan aroma tidak sedap dari berbagai peralatan dapur seperti botol dan toples. Metode ini menawarkan solusi praktis dan alami untuk mengatasi masalah bau dalam memasak dan menyimpan makanan.

foto: TikTok/@vividsyafii

Selain beras, Vivid juga menambahkan beberapa lembar daun jeruk dan daun salam. Kedua rempah ini memang sudah jadi rahasia umum bisa menghilangkan bau pada aneka bahan masakan. Selanjutnya, rebus jengkol bersama ketiga bahan tersebut sampai tekstur jengkol cukup empuk.

foto: TikTok/@vividsyafii

Terakhir, jengkol bisa dibilas sampai bersih dan siap dimasak jadi menu kesukaan masing-masing. Gimana, simpel banget kan cara menghilangkan bau jengkol ini? Mengintip kolom komentar di unggahan TikTok @vividsyafii, banyak warganet yang antusias, lho. Di sisi lain, ada pula yang memberikan alternatif cara lain seputar menghilangkan bau jengkol. Unggahan ini pun sudah ditonton hingga 73 ribu kali.

"aku pakai bubuk kopi, kadang pakai daun pandan, kadang pakai air cucian beras di jamin gak bau," jelas TikTok @naniksuharyati1.

"aku pakai daun jambu biasa bukan jambu air rasanya enk dan g bau ," ungkap TikTok @sri r.

"kalau ak pake daun teh direndamnya," cetus TikTok @kimoy.

"baru tau," cetus TikTok @Anita.

"pake soda kue juga ilang baunya," kata TikTok @Bunga mawar selatan.