Brilio.net - Wastafel menjadi salah satu bagian dapur yang memiliki peran penting. Wastafel biasanya digunakan untuk mencuci berbagai macam perabot dapur atau bahkan bahan makanan yang hendak diolah. Nggak heran jika kemudian debit air yang keluar dari keran jadi menentukan kelancaran memasak.

Semakin besar air yang keluar dari keran, proses mencuci juga akan lebih lancar. Namun tak dapat dipungkiri bahwa dalam beberapa kasus, air yang keluar dari keran ini cenderung kecil dan mampet. Untuk mengatasinya, banyak orang kemudian memanggil tukang atau teknisi keran. Ada juga yang memilih langsung mengganti keran lama dengan baru agar debit air bisa keluar lebih besar.

Padahal tahu nggak sih, sebenarnya kamu nggak melulu harus langsung memanggil tukang atau bahkan mengganti keran saat mengalami masalah ini. Pada dasarnya, ada sebuah trik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan debit air dari keran wastafel cuci piring.

Lebih lanjut, trik tersebut pernah dibagikan langsung oleh pengguna Instagram @dirumah.khawla. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menerapkan metode sederhana untuk memperbaikinya. Saking praktisnya, kamu bahkan tak perlu menyiapkan alat-alat khusus.

foto: Instagram/@dirumah.khawla

Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @dirumah.khawla pada Sabtu (6/7), hal pertama yang harus dilakukan adalah mematikan sumber air terlebih dahulu. Setelah itu, buka dan lepaskan bagian kepala atau ujung keran air. Caranya mudah, kamu cukup memutar-mutar kepala keran sampai terlepas.

foto: Instagram/@dirumah.khawla

Setelah itu, lepaskan juga pengait keran di bagian pangkal dengan cara sama. Lalu lepaskan kerannya dengan cara ditarik perlahan.

foto: Instagram/@dirumah.khawla

Nah, di kedua ujung selang keran ini terdapat penutup bening yang terbuat dari karet. Kamu bisa membuka kedua penutup tersebut dengan cara dicongkel sedikit menggunakan pisau. Setelah terbuka, tarik dan putar-putar karet bagian dalam keran. Lakukan hal yang sama di ujung lain pada keran, ya.

foto: Instagram/@dirumah.khawla

Jika sudah, pasang lagi karet penutup keran tersebut dengan cara ditekan menggunakan jari tangan. Setelah itu, pasang kembali keran seperti semula. Cara memasangnya juga sama dengan saat dibuka tadi, yakni cukup diputar-putar hingga rapat.

foto: Instagram/@dirumah.khawla

Selanjutnya, kamu bisa menyalakan kembali sumber air. Lalu buka juga kerannya untuk mengetes debit air yang keluar. Nah, air yang semula kecil akan berubah lebih besar dan lancar setelah diperbaiki dengan cara ini.

Usut punya usut, masalah keran yang airnya kecil ini sebenarnya bukan terjadi karena ada sumbatan, lho. Melalui kolom komentar, ada seorang warganet yang menjelaskan penyebab dan alasan mengapa keran air hanya perlu diputar-putar seperti dalam video tersebut.

"Itu artinya ada yg nyumbat kah?" tanya akun Instagram @belanjadee.

"bantu jawab, biasanya selang dalemnya suka melintir ka jadi aliran airnya mampet," sahut Instagram @putri_amalia27.

"iya itu ddlm kan karet gitu, jd karetnya ky terlilit dan air yg turun jd ga lancar," sambung pengguna Instagram @dirumah.khawla.

Sejak diunggah pada 3 Juni lalu, video tentang trik atas keran wastafel ini telah ditonton lebih dari 437 ribu kali. Menilik kolom komentar, ada banyak pengguna Instagram lain yang mengungkapkan terima kasih karena mendapat ilmu baru yang bermanfaat.

"Aah aku baru tauu, makasih tipsnya mba gaada alasan ganti kran baru deh," sahut Instagram @esthreehouse.

"Terimakasih tips nya bnr loh jd lumayan gede keluar airnya," papar Instagram @santylibend.

"Udah gk perlu nunggu suami pulang kerja buat benerin ini ya krn dikerjain sendiri juga bisa," tulis akun Instagram @nikadewanti.

"Wastafel aku sering ngadat kaya gini nih," komentar akun Instagram @riskawidsar.

"Wah wajib praktekin nih," ujar Instagram @aeni_airen