Cara bikin semir ban sendiri.

Yang harus disiapkan adalah 1 mangkuk kecil. Kemudian, isi mangkuk tersebut dengan minyak goreng dan sabun cuci piring secukupnya. Yup, itulah dua bahan dapur inti untuk mempraktikkan trik menghitamkan ban mobil kusam ini.

Setelah itu, tambahkan pula sampo secukupnya. Baru aduk hingga semua bahan tercampur rata.

foto: YouTube/Farzand Official

Usai diaduk, langsung olesi ban yang kusam dengan racikan yang sudah dibuat. Pastikan kamu mengoleskannya secara merata supaya hasilnya bisa maksimal.

"Ulaskan dengan kuas pada ban," tegas pemilik akun YouTube Farzand Official, dikutip BrilioFood pada Jumat (10/5).

Selanjutnya, seka ban dengan kain bersih. Lihat deh, hasilnya ban mobil milik Farzand yang semula kusam jadi hitam lagi, kan?

foto: YouTube/Farzand Official

Gimana, mulai sekarang nggak perlu bingung lagi gimana cara menghitamkan ban mobil kusam, kan? Mengintip unggahan YouTube Farzand Official, meski belum mendapat banyak komentar, tapi video ini sudah ditonton lebih dari 114 ribu kali, lho.

 

Cara menghilangkan bekas minyak di mangkuk.

Bekas minyak di mangkuk cenderung sulit dibersihkan. Tak jarang meski sudah dicuci, masih ada noda minyak tertinggal di bagian dalam mangkuk. Berikut cara menghilangkan bekas minyak di mangkuk yang bisa kamu coba di rumah.

1. Deterjen cair.

Campur air hangat dengan deterjen cair dan rendam mangkuk tersebut selama beberapa saat. Setelah itu, gosok dengan spons atau sikat lembut. Bilas bersih dengan air hangat.

2. Soda kue.

Taburkan soda kue di area yang terkena noda minyak, lalu tambahkan sedikit air untuk membuat pasta. Gosok dengan spons atau sikat lembut, kemudian bilas dengan air hangat.

3. Cuka putih.

Rendam mangkuk dalam campuran air hangat dan cuka putih selama beberapa jam. Kemudian, gosok dengan spons atau sikat lembut, dan bilas dengan air hangat.

4. Lemon atau jeruk nipis.

Potong lemon atau jeruk nipis menjadi dua bagian dan gosok bagian yang terkena noda minyak dengan potongan buah tersebut. Biarkan cairannya meresap ke noda selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat.

5. Pasta baking soda dan air oksigen.

Campurkan baking soda dengan air oksigen (yang biasanya digunakan untuk membersihkan pakaian). Oleskan pasta ini ke noda minyak, biarkan selama beberapa waktu, kemudian gosok dengan spons atau sikat lembut, dan bilas dengan air hangat.