Brilio.net - Rasanya yang lezat dan kandungan gizinya yang berlimpah, bikin ikan jadi lauk favorit banyak orang. Selain itu, ikan diketahui mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sebagaimana dikutip BrilioFood dari laman kemkes.go.id, ikan mengandung asam lemak tak jenuh seperti omega, yodium, selenium, fluorida, zat besi, magnesium, zink, taurin, serta coenzyme Q10. Bahkan, kandungan omega-3 pada ikan jauh lebih tinggi dibanding sumber protein hewani lain seperti daging sapi dan ayam, lho.

Tak hanya itu, di Indonesia ikan juga cukup mudah didapatkan di pasar atau supermarket dengan harga yang relatif terjangkau. Nggak heran, kalau ikan jadi lauk yang digandrungi berbagai kalangan. Apalagi proses memasak ikan juga bisa dikatakan mudah. Kamu hanya perlu marinasi ikan dengan bumbu saja, lalu goreng dalam minyak panas. Setelah itu, ikan goreng pun jadi dan siap disajikan, deh.

Walaupun demikian, menggoreng ikan juga ada tantangannya. Salah satunya adalah bau amis yang berasal dari minyak goreng atau ikan itu sendiri. Bau amis ini seringkali mengganggu kamu yang sedang memasak atau orang-orang yang ada di sekitar.

Buat mencegah bau amis saat menggoreng ikan, orang-orang biasanya menambahkan irisan jahe ke dalam minyak tersebut. Cara ini memang cukup ampuh, tapi kamu harus merelakan jahe utuh yang bisa kamu gunakan sebagai bumbu.

Nah, ternyata ada cara lain untuk menghilangkan bau amis pada saat menggoreng ikan. Bahkan kamu hanya memerlukan bahan satu jenis ampas dapur saja.