Cara memperbaiki resleting tas lepas.

Lebih lanjut, seorang bapak-bapak pengguna YouTube TUKANG AB pernah membagikan trik perbaiki resleting tas yang rusak. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya mengandalkan satu alat dapur saja. Dilansir BrilioFood pada Selasa (14/5), alat dapur yang dimaksud adalah sendok.

"Untuk sendoknya, usahakan dia kuat. Bukan sendok yang tipis, ya," jelas pengguna YouTube TUKANG AB.

foto: YouTube/TUKANG AB

Nah, cara pakainya pun cukup mudah. Pertama-tama, congkel sisi samping bagian pengait kepala resleting menggunakan sendok. Hal ini dilakukan supaya pengait resleting dengan railnya bisa terbuka.

Jika sudah terbuka, posisikan pengait kepala resleting ini di bagian ujung garis rail. Lalu masukkan bagian rail yang lepas ke sisi samping pengait kepala resleting. Jika kurang lebar dan sulit dimasukkan, kamu bisa mencongkel lagi sisi sampai pengait resleting dengan sendok. Pastikan bagian rail yang terlepas bisa terpasang dengan baik.

foto: YouTube/TUKANG AB

Setelah sisi rail yang terlepas bisa terpasang, geser pengait resleting sampai benar-benar di ujung rail. Lalu rapatkan besi yang sudah direnggangkan tadi dengan cara ditekan menggunakan tang. Pastikan bagian kanan dan kiri pengaitnya benar-benar rapat.

foto: YouTube/TUKANG AB

Selanjutnya, tutup resletingnya. Nah, jika masih macet, kamu bisa mengoleskan lilin atau minyak sayur ke bagian rail. Lalu tutup resleting seperti biasa. Dengan begitu, resleting yang sudah terpasang akan kembali bekerja dan bikin tas menutup sempurna.

foto: YouTube/TUKANG AB

Unggahan tentang trik perbaiki resleting tas lepas ini telah ditonton lebih dari 375 ribu kali di YouTube. Siapa sangka, banyak warganet yang mengaku terbantu dengan video tutorial tersebut. Melalui kolom komentar, sejumlah warganet ini lantas mengungkapkan terima kasih atas ilmu yang bermanfaat dalam memperbaiki resleting tas yang lepas.

"Makasih pak..ilmunya ,sngt berguna..malam hari tas sklah ana k rusak tukang jahit jauh coba2 tip Bapak alhamdulillah berhasil.....smga Bpk sht ,murah rezeki,dan jadi paha ilma yg bermanfaat bgi orang lain," ujar YouTube @supriadi1705.

"Alhamdulillah.. maturnuwun bapak... Langsung saya praktekkan ke tas anak saya... Tasnya bisa d pake kembali....
Barokallah ilmunya," tutur YouTube @nurlailisaadah1177.

"Makasih pak saya baru coba trnyta berhasilll," kata YouTube @zaharamiftahululfah320.

"Terima kasih Ilmunya Pak..sy Praktekn langsg di Topi Jaket sy Alhamdulillaah bisa lg," sahut YouTube @warningsihmobile712.

"sudah saya aplikasikan di tas saya, dan caranya sangat efektif untuk memasukan resleting ke railnya kembali tanpa perlu biaya," papar YouTube @hkrsvlog40.

 

 

Tips menghilangkan karat pada sendok.

Menghilangkan karat pada sendok bisa dilakukan dengan berbagai metode sederhana dan efektif menggunakan bahan-bahan yang biasanya tersedia di rumah. Berikut adalah 9 tips untuk menghilangkan karat pada sendok:

1. Cuka putih.

Rendam sendok yang berkarat dalam cuka putih selama beberapa jam atau semalaman. Setelah direndam, gosok sendok dengan sikat gigi bekas atau spons hingga karat terangkat. Bilas dengan air bersih dan keringkan.

2. Baking soda.

Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Oleskan pasta ini pada sendok yang berkarat dan gosok dengan kain atau sikat gigi. Baking soda bekerja sebagai abrasif lembut yang membantu menghilangkan karat.

3. Garam dan lemon.

Taburkan garam pada area yang berkarat, kemudian gosok dengan potongan lemon. Asam dalam lemon dan abrasif garam akan membantu mengangkat karat. Bilas dengan air bersih dan keringkan.

4. Kombinasi cuka dan baking soda.

Campurkan cuka dan baking soda untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini pada sendok yang berkarat, biarkan selama beberapa menit, kemudian gosok dengan sikat gigi. Bilas dan keringkan sendok.

5. Kentang dan sabun cuci piring.

Potong kentang menjadi dua dan taburkan sedikit sabun cuci piring pada bagian dalam kentang. Gosokkan kentang pada sendok yang berkarat. Enzim dalam kentang dapat membantu mengangkat karat.

6. Aluminium foil dan air.

Remas selembar aluminium foil menjadi bola, basahi dengan air, dan gunakan untuk menggosok area yang berkarat pada sendok. Aluminium foil dapat membantu mengikis karat tanpa merusak permukaan sendok.

7. Pasta gigi.

Oleskan pasta gigi pada sendok yang berkarat dan gosok dengan sikat gigi. Pasta gigi memiliki sifat abrasif ringan yang dapat membantu menghilangkan karat. Bilas dan keringkan.

8. Cola (minuman berkarbonasi).

Rendam sendok dalam minuman cola selama beberapa jam. Asam fosfat dalam cola dapat membantu melarutkan karat. Setelah direndam, gosok dengan sikat gigi dan bilas dengan air bersih.

9. Minyak zaitun atau minyak kelapa.

Oleskan sedikit minyak zaitun atau minyak kelapa pada sendok yang berkarat dan gosok dengan kain lembut. Minyak dapat membantu melonggarkan karat dan membuatnya lebih mudah dihilangkan.