Pertama, siapkan baskom untuk meletakkan bahan pembersih. Bahan dapur yang digunakan untuk mencuci handuk ala warganet bernama Yahman ini adalah baking soda, sabun cuci piring, serta air panas. Setelah itu, jangan lupa pula untuk menambahkan detergen dan sitrun (citric acid) secukupnya biar noda lebih mudah terangkat.

"Ini saya nggak pakai pemutih, ya. Pakai air panas, nanti noda membandelnya hilang," jelas warganet di akun YouTube YAHMAN CN ini, dikutip BrilioFood pada Minggu (24/12).

foto: YouTube/YAHMAN CN

Kemudian, rendam handuk ke dalam larutan pembersih tersebut selama beberapa saat agar nodanya mudah dibersihkan. Usai direndam, lanjutkan proses pembersihan dengan menyikat handuk hingga nodanya hilang. Jika sudah, handuk bisa dibilas sampai tak ada sisa bahan pembersih yang tertinggal.

foto: YouTube/YAHMAN CN

Setelah itu, kamu bisa langsung mengeringkan handuk ataupun merendamnya dulu di dalam cairan pewangi dan pelembut pakaian. Terakhir, jemur handuk di bawah sinar matahari langsung hingga kering. Handuk pun siap digunakan kembali ataupun disimpan di dalam lemari.

foto: YouTube/YAHMAN CN

Gimana, mudah ditiru kan trik mencuci handuk dekil satu ini? Mengintip kolom komentar di unggahan YouTube YAHMAN CN yang sudah ditonton 2 juta kali, banyak warganet yang terinspirasi dengan trik ini, lho. Di samping itu, ada pula yang menambahkan trik lain seputar mencuci handuk.

"Saya dulu pegawai laundry, pakai sabun khusus dan direndam pakai air panas. Kalau saya dirumah pakai air panas dikasih deterjen dan direndam setelah itu disikat.hasilnya bagus gak mudah berjamur juga," tulis YouTube @nasipyulianto7257.

"Lebih cepat pakai baiclin 1 tutup, deterjen secukupnya aer panas 5 gayung buat 2 handuk rendam handuk selama 10 menit gk perlu di sikat dah bersih palagi kalau mau nyikat tambah sempurna,jika merasa kurang ,tambah baiclin nya tambah lg aer panas rendam lg liat hasilnya pasti puas tanpa merubah warna," tutur YouTube @ibuibu08.

"panaskan air sampai meletup. tuang ke ember isi pemutih dan sabuk cuci. diamkan 3jam. dikucek/disikat," imbuh YouTube @ninengahmutiari7739.