Setelah itu, sayat atau kupas bagian ujung bawah batang pohon yang akan distek menggunakan cutter ataupun pisau. Bagian ujung yang sudah dikupas ini nantinya akan tumbuh akar saat ditanam dengan teknik yang tepat.

foto: YouTube/Bunda Nisa Official

Nah, sebelum ditancapkan ke dalam media tanam, ujung batang pohon jeruk purut ini bisa diolesi dengan satu bahan dapur yang bisa merangsang pertumbuhannya terlebih dahulu, yakni bawang merah. Belah bawang merah, lalu oleskan air yang ada di dalam bawang merah ke ujung batang tersebut sampai rata.

Dilansir dari iopscience.iop.org, bawang merah mengandung indole acetic acid yang bisa percepat pertumbuhan sejumlah tanaman, tak terkecuali jeruk purut, agar daunnya semakin lebat, mudah berbuah, dan lainnya. Usai dioleskan dengan bawang merah, langsung tanam batang tanaman jeruk purut di media tanam apapun sesuai keinginan.

Tak sampai situ saja, untuk menunjang pertumbuhan pohon jeruk purut, tanaman ini bisa dibungkus dengan plastik bening supaya pohon dan media tanamnya tetap lembap. Terakhir, letakkan tanaman di area yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari agar semakin cepat tumbuh.

foto: YouTube/Bunda Nisa Official

Gimana, kamu tertarik mencoba trik merawat pohon jeruk purut seperti ini atau punya teknik lain? Mengintip kolom komentar di unggahan YouTube Bunda Nisa Official yang sudah ditonton 5.000 kali, beberapa warganet tampak antusias dengan trik satu ini, lho.