Brilio.net - Bagi sebagian orang, makan tanpa sambal rasanya kurang nikmat. Memang, masakan Indonesia satu ini tidak hanya memberikan cita rasa pedas, tetapi juga memperkaya aroma dan kelezatan setiap hidangan. Sebagai pelengkap yang hampir selalu hadir di meja makan, sambal menjadi favorit banyak orang karena dapat dibuat dari berbagai macam bahan.

Nggak cuma itu, sambal juga memiliki banyak variasi. Dari sambal terasi, sambal bajak, hingga sambal matah. Pada dasarnya, setiap jenis sambal memiliki karakteristik dan cita rasa khas yang menjadikannya istimewa. Untuk membuat sambal, sebagian besar orang masih menggunakan alat manual seperti cobek atau ulekan.

Membuat sambal menggunakan cobek (ulekan) dianggap lebih enak dibandingkan menggunakan blender, karena cobek dapat menghasilkan tekstur yang lebih kasar dan alami. Hal ini memungkinkan campuran bahan-bahan seperti cabai, bawang, dan terasi tercampur secara merata tetapi tetap mempertahankan potongan-potongan kecil yang memberikan sensasi berbeda saat dimakan.

Walaupun begitu, mengulek sambal, apalagi dalam porsi besar tentu sangat melelahkan. Alhasil banyak orang mencari cara untuk mempermudah proses tersebut, misalnya dengan menambahkan garam. Sifat abrasif pada garam dinilai bisa membantu bahan sambal jadi lebih mudah halus saat diulek.

Namun selain dengan menambahkan garam, kamu bisa menggunakan trik lain yang nggak kalah ampuh, lho. Seperti trik yang dibagikan pengguna Instagram @safaralles melalui salah satu video yang diunggahnya. Dia mengaku ada beberapa trik yang bisa mempermudah proses mengulek sambal.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @safaralles pada Jumat (2/8), hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan kain atau lap dapur. Jadi, kain ini akan digunakan untuk alas cobek yang hendak dipakai mengulek sambal. Jika diberi alas ini, cobek tidak mudah bergeser, sehingga proses mengulek bisa lebih cepat dan lancar.

foto: Instagram/@safaralles

Selanjutnya, usahakan mengulek sambal di lantai atau lesehan. Hal ini akan membuat posisi tangan lebih tinggi dibandingkan anggota badan lain, sehingga tekanannya juga akan lebih maksimal. Nggak cuma itu, mengulek sambal sambil lesehan juga bikin tangan nggak mudah pegal.

foto: Instagram/@safaralles

Trik terakhir, arahkan jari telunjuk ke depan pada pegangan ulekan. Dengan jari telunjuk mengarah ke depan, gerakan mengulek menjadi lebih efisien. Posisi ini memungkinkan pergelangan tangan dan lengan bekerja secara sinkron, menciptakan gerakan yang lebih halus dan terkontrol.

Efisiensi gerakan ini lantas membantu proses pengulekan jadi lebih cepat dan efektif, sehingga bahan-bahan sambal dapat dihancurkan dan tercampur dengan baik dalam waktu yang lebih singkat.

foto: Instagram/@safaralles

Sejak diunggah pada 24 Juli lalu, video tentang trik mengulek sambal ini telah ditonton lebih dari ribuan kali. Siapa sangka, banyak pengguna Instagram lain yang tertarik dan turut memberikan tanggapan langsung di kolom komentar.

"Masih ngulek apapun sayurnya lebih enak," kata Instagram @tutiarwatii_.

"Mantappp," sahut Instagram @ummubalqishaura.