Teko berbahan stainless steel sering diandalkan untuk merebus air. Bukan tanpa sebab, teko jenis ini memiliki kemampuan mempertahankan panas dengan baik dan tahan karat. Bahannya yang kuat dan kokoh juga membuat teko ini tidak mudah penyok atau rusak, meski sering digunakan sehari-hari. Selain itu, stainless steel juga mudah dibersihkan dan tidak bereaksi dengan bahan makanan, sehingga menjaga rasa dan kualitas air tetap murni.

Namun seiring penggunaan, teko stainless seringkali kotor atau bahkan berkerak. Biasanya kerak membandel yang sulit dihilangkan karena teko sering diisi air terus menerus. Kerak air ini dapat muncul akibat kandungan mineral dalam air yang mengendap setelah air menguap. Meskipun tidak memengaruhi fungsi teko, kerak ini dapat membuat penampilan teko terlihat kusam dan kurang menarik.

Untuk mengatasi hal tersebut, sejumlah orang biasanya akan menggunakan sabun khusus untuk menghilangkan kerak air. Selain itu, ada juga yang menggosok teko secara kuat menggunakan sikat. Hal ini dinilai bisa membuat kerak airnya luntur dan hilang.

Namun alih-alih susah payah menyikat, kamu bisa menggunakan bahan dan trik lain yang lebih praktis. Seorang pengguna Instagram @safaralles pernah membeberkan trik tersebut melalui salah satu video yang diunggah. Dalam unggahannya, dia mengaku hanya menggunakan satu bahan sederhana untuk menghilangkan kerak air di teko.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @safaralles pada Jumat (9/8), bahan sederhana yang dimaksud adalah baby oil atau minyak bayi. Nah, minyak ini bisa membantu membuat teko kembali mengilap seperti baru. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan baby oil ini harus tepat supaya hasilnya maksimal.

 

© Instagram/@safaralles

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi teko. Sebaiknya pastikan teko dalam kondisi kering ketika dibersihkan. Jika kamu hendak mencucinya terlebih dahulu, maka keringkan teko menggunakan kain atau tisu. Nah, teko yang kering biasanya akan membuat kerak air jadi terlihat jelas dan mudah dibersihkan.

© Instagram/@safaralles

Selanjutnya, siapkan baby oil dan kapas. Setelah itu, tuang baby oil secukupnya ke permukaan kapas sampai agak basah. Jika sudah, langsung gunakan kapas tersebut untuk menggosok bagian luar teko yang penuh kerak air.

© Instagram/@safaralles

Dalam sekali gosok, kerak air di teko langsung hilang, lho. Lakukan proses ini secara berulang sampai keraknya benar-benar hilang. Dengan begitu, teko stainless steel akan kembali kinclong dan mengilap seperti baru.

"Alhamdulillah glowing lagi tekonya bercak bercak airnya juga hilang," kata Instagram @safaralles.