Trik mencuci bantal dekil jadi kinclong dan wangi.

Pertama, siapkan wadah untuk menampung cairan pemutih pakaian. Nah, agar kerja cairan pemutih lebih maksimal dalam menghilangkan noda, kamu bisa mencampurkannya dengan satu bahan dapur, yaitu sabun cuci piring. Aduk hingga rata, kemudian oleskan ke bantal dekil yang ingin dicuci.

"Usahakan dengan merata, nanti semua noda yang kuning atau hitam itu bisa hilang," tegas pemilik akun YouTube Rends laundries, dikutip BrilioFood pada Kamis (22/2).

foot: YouTube/Rends laundries

Usai dioleskan, lanjut cuci bantal secara otomatis menggunakan mesin cuci. Jangan lupa untuk gunakan detergen cair secukupnya. Jika sudah, bilas bantal menggunakan campuran air dan pewangi pakaian.

Selanjutnya, pemilik akun YouTube Rends laundries mengatakan, tambahkan pula satu bahan dapur lagi, yaitu sedikit cuka. Cuka ini akan membantu menghilangkan bau apek serta membuat aroma dari pewangi pakaian lebih meresap pada bantal.

foto: YouTube/Rends laundries

Terakhir, usai bantal ditiriskan, langsung jemur hingga kering. Pemilik akun YouTube Rends laundries mengatakan, ia menjemurnya di dalam ruangan saja, lantaran di luar berisiko menyebabkan bantalnya kotor lagi dari debu ataupun noda lain yang sulit dihindari.

foto: YouTube/Rends laundries

Gimana, kamu tertarik mencoba mencuci bantal dekil seperti ini? Mengintip kolom komentar unggahan YouTube Rends laundries yang sudah ditonton 8 ribu kali, tak sedikit warganet meninggalkan komentar antusias seputar trik ini, lho.

"Sy mau tanya klu cuci bantal yg berwarna sama juga ya caranya," tanya YouTube @lennynatalia7381 dan mendapat balasan, "Klo utk bahan bantal yg berwarna, sebagai pengganti pemutih, ibu pakai soda kue bubuk saja ini utk bahan warna apa saja aman ibu, sebelumnya soda kuenya di rebus dulu dgn sedikit air dan di aduk hingga mengental, lalu di campurkan dengan sunlight seperti cara yg di vdeo ini, trmksh."

"Maaf mau nanya olesin campuran bayclin dan sunligt ke bantal yg dalam keadaan kering apa di basahin dl," tutur YouTube @hildarahmi1810 yang kemudian dibalas, "Bantalnya dalam keadaan kering ya ibu.., silahkan mencoba."

Manfaat cuka untuk perawatan kecantikan.

Sudah jadi rahasia umum kalau cuka sering dipakai untuk masak ataupun membersihkan perabot rumah tangga. Namun, ketahui pula manfaat bahan dapur satu ini untuk kecantikan, yuk.

1. Menyeimbangkan pH kulit.

Cuka memiliki sifat asam yang dapat membantu menyeimbangkan pH kulit. Ini penting karena kulit yang sehat memiliki pH yang seimbang, sehingga penggunaan cuka secara topikal dapat membantu menjaga keseimbangan ini.

2. Mengurangi jerawat.

Sifat antimikroba dan anti-inflamasi cuka dapat membantu mengurangi jerawat. Penggunaannya sebagai toner atau bahan dalam masker wajah dapat membantu membersihkan kulit dan mengurangi peradangan yang terkait dengan jerawat.

3. Mencerahkan kulit.

Cuka diyakini memiliki sifat pemutih yang dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Namun, penggunaan cuka secara langsung pada kulit harus dilakukan dengan hati-hati dan dalam jumlah yang tepat, karena dapat menyebabkan iritasi.

4. Mengurangi ketombe.

Cuka juga dapat membantu mengurangi ketombe. Kandungan asamnya dapat membantu menyeimbangkan produksi minyak di kulit kepala, sehingga mengurangi risiko terbentuknya ketombe.

5. Menghaluskan rambut.

Cuka dapat membantu menghaluskan rambut dengan menutupi kutikula rambut dan membuatnya terlihat lebih bersinar. Larutan cuka encer dapat digunakan sebagai kondisioner alami setelah keramas.

6. Mengurangi bau kaki.

Cuka memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan bau kaki. Mencampurkan cuka dengan air dan menggunakan campuran ini untuk merendam kaki dapat membantu mengurangi bau tidak sedap.

7. Mengurangi kuku rapuh.

Cuka juga dapat membantu menguatkan kuku yang rapuh. Merendam kuku dalam larutan cuka dapat membantu menghilangkan kelembapan berlebih dan membuat kuku lebih kuat.