"Cara ampuh membersihkan tungku kompor yang berkerak," ujarnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @ambo_botting pada Rabu (8/5).

foto: TikTok/@ambo_botting

Usut punya usut, bahan dapur yang digunakan adalah soda kue, cuka, dan sabun cuci piring. Dia juga menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai untuk menggosok bagian tungku kompor berkerak.

foto: TikTok/@ambo_botting

Pertama, siapkan soda kue dan cuka. Jika sudah, taburkan soda kue ke seluruh permukaan tungku kompor. Tambahkan juga cuka secara merata ke seluruh permukaan tungku kompor. Setelah ditambahkan cuka, muncul gelembung-gelembung kecil yang merupakan reaksi kimia dari campuran soda kue dan cuka.

"Kemudian siram dengan cuka asam, akan terjadi reaksi kimia seperti ini. Kerak tungku akan mudah terangkat," ungkap pemilik akun TikTok tersebut.

foto: TikTok/@ambo_botting

Tak perlu menunggu lama, langsung sikat tungku kompor yang penuh kerak tadi dengan sikat gigi bekas. Setelah disikat beberapa saat, cuci kembali tungku kompor menggunakan sabun cuci piring.

foto: TikTok/@ambo_botting

Jika sudah, langsung bilas dengan air mengalir sampai benar-benar bersih. Kerak di tungku kompor pun jadi luntur, nih. Tampilannya juga jadi lebih bersih, ya.

"Masya Allah tungku kompor sudah bersih," pungkasnya.

 

Cara menghilangkan bau cuka pada tangan.

Jika ingin menghilangkan bau cuka yang mungkin tersisa pada tangan setelah menggunakan cuka sebagai bahan pembersih, berikut beberapa cara yang bisa dicoba.

1. Cuci tangan dengan sabun.

Cuci tangan dengan sabun dan air hangat secara menyeluruh. Gosok tangan dengan sabun selama beberapa saat untuk menghilangkan sisa-sisa cuka dan menghilangkan baunya.

2. Gunakan pengharum tangan.

Gunakan pengharum tangan atau hand sanitizer dengan aroma yang menyenangkan untuk menutupi bau cuka. Pastikan untuk memilih produk yang tidak hanya akan menutupi bau, tetapi juga membersihkan dan menyegarkan tangan.

3. Gunakan masker aroma alami.

Bahan-bahan alami seperti jeruk nipis atau daun mint dapat membantu menghilangkan bau cuka. Gosokkan potongan jeruk nipis atau daun mint pada tangan, kemudian bilas dengan air.

4. Gunakan minyak esensial.

Teteskan beberapa tetes minyak esensial dengan aroma yang menyenangkan, seperti lavender, peppermint, atau lemon, pada tangan. Gosokkan minyak secara merata dan biarkan aroma menyegarkan mengatasi bau cuka.

5. Gunakan baking soda.

Campurkan baking soda dengan sedikit air untuk membuat pasta. Gosokkan pasta ini pada tangan dan bilas dengan air hangat. Baking soda memiliki sifat penyerap bau yang dapat membantu menghilangkan bau cuka.

6. Gunakan produk pembersih tangan.

Jika bau cuka terlalu kuat, kamu juga bisa menggunakan pembersih tangan yang mengandung alkohol atau bahan-bahan lainnya yang efektif dalam menghilangkan bau.