Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah tahu dan tempe mengandung formalin, lho. Misalnya, kamu bisa merebus tahu ataupun tempe pakai campuran garam. Tetapi, ada satu cara lagi yang lebih simpel tanpa harus melalui proses merebus sama sekali, lho. Cara ini dibagikan oleh warganet bernama Hamid lewat unggahan di YouTube pribadinya.

Siapkan dulu tahu maupun tempe di atas piring. Lalu, siapkan pula tusuk gigi. Tusuk gigi tersebut harus dioleskan dulu dengan kunyit yang sudah dihaluskan. Tancapkan tusuk gigi yang sudah diberi kunyit ke tahu atau tempe, lalu diamkan selama beberapa saat.

foto: YouTube/Hamid Mahawira

Usai didiamkan, lepaskan tusuk gigi dari tahu ataupun tempe. Kalau warna kunyitnya masih kuning seperti semula, artinya tempe atau tahu tidak mengandung formalin dan aman untuk dikonsumsi. Sementara jika warna kunyitnya berubah, tahu maupun tempe dibuat menggunakan campuran formalin.

"Tusuk gigi yang berubah jadi warna merah, itu berarti mengandung formalin," jelas pemilik akun YouTube Hamid Mahawira, dikutip BrilioFood pada Rabu (23/8).

Dilansir dari penelitian terbitan jpa.ub.ac.id, zat kurkumin di dalam kunyit sangat sensitif terhadap kadar pH atau asam pada suatu bahan makanan yang mengandung formalin, makanya warnanya yang semula kuning dapat berubah jadi kemerahan. Selain tahu dan tempe, cara ini juga bisa dipraktikkan pada bakso maupun makanan lainnya.

foto: YouTube/Hamid Mahawira

Gimana, gampang dipraktikkan ya cara membedakan tahu dan tempe yang aman dimakan ataupun berformalin ini? Mengintip unggahan milik YouTube Hamid Mahawira, memang belum terdapat komentar dari warganet. Meski begitu, video ini sudah ditonton lebih dari 300 kali, lho.