Brilio.net - Jengkol bisa dibuat jadi aneka hidangan, tapi yang paling simpel cukup digoreng saja. Jengkol goreng yang disajikan bersama nasi dan sambal, sudah sangat nikmat lho, apalagi jika ditambah pelengkap lain.

Namun kalau belum tahu trik menggorengnya, jengkol bisa masih alot dan kurang nikmat, lho. Biar jengkol empuk, seringkali bahan makanan satu ini harus direbus terlebih dahulu sebelum digoreng. Nah, biar nggak ribet harus melewati dua kali proses masak, sama seperti trik yang dibagikan oleh akun TikTok @ranjasarisun18.

foto: TikTok/@ranjasarisun18

Ia menjelaskan, trik goreng jengkol ini ampuh bikin hasilnya jadi lezat dan tak alot meskipun tanpa direbus. Nah, sebelum masuk ke triknya, potong-potong dulu jengkolnya dengan ukuran sesuai selera.

foto: TikTok/@ranjasarisun18

Kemudian potongan jengkol bisa dicuci dengan air bersih terlebih dahulu. Pastikan tak ada sisa kotoran menempel pada jengkol. Lalu tiriskan jengkol sampai kering.

foto: TikTok/@ranjasarisun18

Selanjutnya, siapkan wajan berisi minyak secukupnya untuk menggoreng jengkol. Panaskan minyak di atas api kompor kecil, lalu langsung masukkan jengkolnya tanpa perlu menunggu minyak sangat panas.

Yup, inilah triknya, jengkol yang dimasukkan di awal akan membuatnya cepat empuk dan matang sempurna. Proses memasak di atas api kecil juga sangat membantu mengempukkan tekstur jengkol, lho.

Pemilik akun TikTok @ranjasarisun18 menjelaskan, kalau jengkol dimasak di api lebih besar, biasanya bagian luarnya jadi keras dan bagian dalamnya belum matang sempurna.

"Digoreng selama 15 menit sampai jengkolnya matang sendiri," imbuh pemilik akun TikTok @ranjasarisun18, dikutip BrilioFood pada Selasa (20/8).

foto: TikTok/@ranjasarisun18

Setelah 15 menit, angkat dan tiriskan jengkol. Kalau jengkol sudah bebas minyak, langsung sajikan sesuai selera. Dijamin, jengkol goreng buatanmu tak akan keras lagi jika dimasak dengan trik ini.