Brilio.net - Tanpa disadari, seringkali muncul noda karat pada gunting di rumah. Karat ini cukup mengganggu kerja gunting, karena bisa membuat gunting macet dan tumpul saat digunakan. Kalau gunting di rumahmu sudah berkarat, sebaiknya segera dibersihkan sebelum noda karat tersebut membesar dan semakin membandel.

Noda karat memang sangat sulit dibersihkan. Makanya banyak orang memilih menggosokkan cuka biar karat pada gunting bisa hilang. Bahkan, tak sedikit orang-orang mengandalkan cairan alkohol buat bersihkan noda karat ini. Namun, pengguna akun Instagram @sharajevoo punya trik lain yang nggak kalah ampuh, nih.

Lewat sebuah unggahan, wanita di akun Instagram @sharajevoo ini bukan hanya membagikan trik hilangkan karat, tapi juga tajamkan gunting. Usut punya usut, untuk mempraktikkan trik ini, kamu cuma butuh satu bahan dapur, lho.

Semula, siapkan dulu wadah untuk merendam gunting berkarat. Masukkan air panas ke dalam wadah tersebut. Kemudian, larutkan sabun cuci piring secukupnya dan aduk rata. Pemilik akun Instagram @sharajevoo menjelaskan, kalau tak ingin pakai sabun cuci piring, kamu juga bisa memanfaatkan detergen cair.

Selanjutnya, rendam gunting berkarat di dalam air larutan sabun cuci piring. Biarkan gunting terendam selama beberapa saat biar noda karatnya luntur.

"Diamkan selama lebih kurang 2 jam," tutur pemilik akun Instagram @sharajevoo, dikutip BrilioFood pada Selasa (11/6).

foto: Instagram/@sharajevoo

Setelah direndam, seka gunting dengan kain atau lap bersih. Lantaran sudah direndam, noda karatnya akan mudah tersapu dengan kain. Usai gunting kering, tajamkan gunting dengan mengasahnya pada botol kaca.

Gesekkan mata pisau gunting beberapa kali pada botol kaca sampai benar-benar tajam. Kemudian, gunting siap digunakan kembali.

foto: Instagram/@sharajevoo

Gimana, praktis banget kan trik hilangkan karat sekaligus tajamkan gunting tumpul ini? Mengintip unggahan Instagram @sharajevoo yang sudah ditonton 637 ribu kali, tak sedikit warganet meninggalkan komentar antusias seputar trik ini, lho.

"Klo utk gunting yg di pake utk kertas n plastik bisa pake cara ini, tp klo utk gunting yg di pake utk kain bahan jangan coba2 deh..krn aku udh pernah coba hasilnya guntingku jd maju mundur cantik dan kain aku hancur," jelas Instagram @miichicraft.

"Kalau untuk pisau bisa??" tanya Instagram @nenishueni dan mendapat jawaban dari pemilik video, "bisa kak., setelah direndam gosok sebentar pake sabut stainless., langsung luntur."

"Kalo gunting berkarat biasanya lgsg aku cuci pake sabun mandi cair atau sabun cuci pirin trus pake spon yg besi, udah bersih lagi karat2nya," sebut Instagram @dinda.ts.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Shara Jevoo (@sharajevoo)