Brilio.net - Kondisi resleting jaket yang dol (lepas) seringkali menjadi masalah yang kerap dialami oleh banyak orang. Resleting dol seringkali disebabkan oleh beberapa faktor, seperti gesekan berlebihan, penggunaan yang kasar, atau kualitas resleting yang buruk. Jika dibiarkan begitu saja, tentu jaket tersebut jadi kurang nyaman digunakan.

Lantas untuk mengatasi resleting yang dol, sejumlah orang seringkali memilih untuk membawa jaket tersebut ke tukat jahit. Atau ada juga yang memilih menjahitnya sendiri jika resleting dol karena kaitannya yang rusak. Nah, kaitan baru tersebut bisa dijahit di bagian ujung rail atau tempat kepala resleting dikaitkan.

Namun tahu nggak sih? Sebenarnya ada trik sederhana dalam memperbaiki resleting jaket yang dol karena kaitannya rusak. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Jarot Technique melalui salah satu video yang diunggah.

Dilansir BrilioFood pada Rabu (15/5), metode yang dilakukan adalah dengan mengandalkan sampah dapur, yakni sedotan plastik. Nah, sedotan plastik ini akan digunakan sebagai pengait resleting agar besi atau kepala resletingnya bisa masuk ke rail.

foto: YouTube/Jarot Technique

Caranya, siapkan sedotan yang bahannya cukup tebal. Lalu gunting sedikit di bagian ujungnya dan belah satu sisi (kanan atau kiri agar bentuknya lebar seperti kotak). Untuk lebarnya bisa disesuaikan dengan panjang pengait di bagian ujung rail resleting.

foto: YouTube/Jarot Technique

Jika sudah, ambil jaketnya. Lalu beri lem di bagian ujung pengait rail yang rusak (lepas). Setelah itu, tempelkan sedotan tadi di ujung pengait rail yang sudah diberi lem tadi. Tekan-tekan agar menempel di sisi depan dan belakang.

foto: YouTube/Jarot Technique

Nah, agar tak mudah lepas, kamu bisa menekan sedotan ini dengan tang agar semakin menempel. Setelah itu, resleting bisa dipasang kembali seperti biasa. Hasilnya, resleting lebih rapat dan tidak mudah lepas.

foto: YouTube/Jarot Technique