Tabung gas elpiji bocor bisa diamati dari munculnya bunyi berdesis atau bau belerang. Saat mendapati hal tersebut, banyak orang auto panik dan memilih menghentikan semua kegiatan di dapur. Rasa panik memang wajar terjadi karena belum tahu trik mengatasinya.

Pemilik akun YouTube mang Sadi kompor juga punya pengalaman serupa saat berurusan dengan tabung gas elpiji, nih. Dalam salah satu video unggahannya, ia membagikan pengalamannya saat tabung gasnya sempat bocor karena kondisi karet seal terlalu tipis.

"Bunyi bocor, ini sangat berbahaya, selain gas habis, bisa juga menyebabkan penyebaran gas," tuturnya, dikutip BrilioFood dari YouTube mang Sadi kompor pada Rabu (14/8).

Menurutnya, kondisi tersebut bisa diatasi salah satunya dengan mengganti karet seal yang lebih tebal. Selain itu, jika tak ada karet seal pengganti, bisa juga melakukan penggantian regulator dengan yang lebih berkualitas.

foto: YouTube/mang Sadi kompor

Namun, jika kedua solusi tersebut tak memungkinkan, warganet yang akrab disapa Sadi ini menjelaskan, masih ada satu trik lagi untuk atasi tabung gas elpiji bocor. Usut punya usut, untuk mempraktikkan trik ini, kamu cuma butuh satu alat sederhana.

 

 

© YouTube/mang Sadi kompor

Jadi, alat yang dimaksud adalah lakban. Pemilik akun YouTube mang Sadi kompor menggunakan lakban berukuran sedang. Ia melilitkan lakban tersebut ke bibir lubang tabung gas sebanyak 3 kali.

© YouTube/mang Sadi kompor

Setelah dililit lakban, baru pasang kembali regulatornya ke tabung gas tersebut. Jangan lupa posisikan regulator dengan baik dan kencang.

© YouTube/mang Sadi kompor

Sadi mengatakan, kondisi tabung elpijinya kini sudah tak mengeluarkan suara desis ataupun bau belerang lagi. Ia juga mencoba menyalakan kompornya dan benar saja, api kompornya bisa menyala dengan baik, yang artinya tabung gas elpiji sudah tak bocor lagi.