Dilansir BrilioFood pada Senin (25/12), bahan masakan yang dipakai adalah cuka. Selain buat masak, bahan dapur satu ini memang terkenal digunakan untuk membantu menghilangkan noda di berbagai alat rumah tangga. Nggak cuma menghilangkan noda, cuka juga ternyata bisa membantu menetralisir aroma apek pada kasur.

foto: YouTube/Zulaikha pratiwy

Untuk membuat cairan pewangi penghilang bau apek, pengguna YouTube tersebut mempersiapkan beberapa bahan mulai dari botol spray, cairan pewangi pakaian, cuka, dan air bersih.

foto: YouTube/Zulaikha pratiwy

Pertama-tama, tuangkan cairan pewangi pakaian ke dalam botol spray hingga mencapai setengah botol. Kemudian tambahkan dua tetes cuka ke dalam botol lalu campurkan dua bahan tersebut dengan air hingga penuh. Kocok botol spray supaya cairan pewangi pakaian dan cuka tercampur merata.

foto: YouTube/Zulaikha pratiwy

Kamu hanya perlu menyemprotkan cairan tersebut ke seluruh permukaan kasur. Usahakan semprotkan cairan pewangi dari jarak yang tidak terlalu dekat supaya kasur tidak terlalu basah, ya. Setelah itu, diamkan selama 10-20 menit.

Tunggu hingga cairan pewangi mengering dan menyerap ke dalam kasur sehingga bau apeknya hilang dan kasur wangi kembali. Setelah cairan pewangi mengering, pasang kembali sprei.

Nah, kasur yang awalnya bau apek, kini jadi wangi lagi. Dengan cara ini, kamu tak perlu repot mencuci dan menjemur kasur di bawah sinar matahari langsung.