Sejumlah orang doyan merokok di mobil. Namun, bau asap yang dikeluarkan oleh rokok bisa menempel dalam waktu lama di dalam mobil, lho. Hal ini seringkali bikin penumpang lain risih, terutama yang bukan perokok.

Biar mobil tak bau rokok lagi, banyak orang memilih mencuci atau mengelap area dalam mobil dengan kain basah. Untuk mempraktikkan trik tersebut, kamu pastinya butuh tenaga dan waktu luang, karena komponen di dalam mobil cukup banyak dan luas.

Di samping itu, ada pula yang memilih membiarkan jendela mobil terbuka selama berjam-jam atau bahkan seharian penuh. Hal ini bertujuan untuk menetralkan aroma di dalam mobil. Tetapi, berbeda dengan pengguna akun TikTok @james_alatin yang mengaku punya trik lain.

foto: TikTok/@james_alatin

Dalam video unggahannya, pemilik akun yang berasal dari Malaysia ini hanya mengandalkan bahan dapur. Nah, ada 5 macam bahan dapur yang salah satunya bisa kamu pilih untuk menghilangkan bau rokok di mobil. Jadi, kamu nggak perlu repot-repot mencuci atau membuka jendela mobil lagi.

 

© Pixabay/kalhh

Bahan dapur pertama untuk mempraktikkan trik ini yaitu kopi. Siapkan 1 mangkuk bubuk kopi, kemudian letakkan di dalam mobil. Diamkan bubuk kopi tersebut di dalam mobil selama 1 malam. Pemilik akun TikTok @james_alatin menjelaskan, kamu bisa mengganti kopi bubuk secara berkala.

"Sebab kopi tersebut akan menyerap bau asap rokok," katanya, dikutip BrilioFood dari TikTok @james_alatin pada Jumat (9/8).

© TikTok/@james_alatin

Kalau tak ada kopi, kamu juga bisa menggunakan cuka. Triknya, tinggal tuangkan cuka ke dalam mangkuk, lalu letakkan di dalam mobil. Cuka tersebut juga bisa didiamkan semalaman. Dijamin keesokan harinya bau rokok di mobilmu telah enyah.

© Pixabay/Antonio Cansino

Alternatif lain, kamu juga bisa mengandalkan bumbu dapur, yakni kayu manis. Tetapi, kayu manis ini bukan diletakkan langsung di dalam mobil, melainkan harus direbus dulu. Nantinya, air rebusan kayu manis yang akan diletakkan di mobil untuk menghilangkan bau rokok.

"Rebus 2 hingga 3 batang kulit kayu manis dan tuangkan air rebusan ke dalam satu cawan (mangkuk), kemudian letakkan cawan berisi air rebusan itu di dalam kereta (mobil)," jelas pria akrab disapa James ini.

© Pixabay/Aritha

Di samping itu, kamu dapat memanfaatkan ampas dapur, yakni kulit buah citrus, seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan lain sebagainya. Cukup letakkan kulit buah-buahan tersebut di dalam wadah, lalu simpan di dalam mobil selama semalaman. Kulit buah citrus diketahui bisa menyerap sisa bau rokok sekaligus mengeluarkan aroma segar.

© Pixabay/Hans

Alternatif terakhir adalah arang. Bahan untuk membakar aneka hidangan seperti sate, ayam, pepes, dan lain-lain ini juga bisa kamu masukkan ke dalam mobil untuk membantu mengusir bau rokok, lho. Dilansir dari extension.ekstate.edu, arang mengandung bahan aktif yang ampuh menyerap bau tak sedap seperti asap rokok.