"Remahan biskuit atau sisa makanan tumpah, kalau nggak segera dibersihin bisa mengundang semut. Dan mengusir semut bisa loh dengan cara tidak membunuh," ujar YouTube @Gianola Vlog, dikutip BrilioFood pada Kamis (7/9).

foto: YouTube/@Gianola Vlog

Untuk mengusir semut, pengguna YouTube tersebut mengaku hanya pakai irisan bawang putih. Nah, bawang putih ini bisa diletakkan di wadah terbuka. Lalu letakkan di area yang sering dilewati semut. Bau bawang putih yang menyengat cenderung tidak disukai semut. Dengan begitu, semut akan pergi dengan sendirinya.

foto: YouTube/@Gianola Vlog

Namun selain bawang putih, pengguna YouTube tersebut juga membeberkan bahan lain yang bisa digunakan sebagai alternatif pengusir semut. Bahan-bahannya bisa berupa bubuk kopi, lada, kayu manis, atau cengkeh. Kamu bisa menggunakan salah satunya dengan cara penggunaan yang sama seperti bawang putih tadi. Nah, aroma-aroma menyengat dari sejumlah bahan tersebut akan membuat semut pergi.

Selain dengan meletakkan bahan-bahan dapur tersebut, kamu pun dapat melakukan metode lain, lho. Pengguna YouTube tersebut turut membeberkannya dalam video singkatnya. Dia mengaku semut juga kurang menyukai bau cuka. Jadi, saat bersih-bersih area dapur, dia biasanya menggunakan campuran cuka dan air supaya semut tidak datang lagi.

Tidak perlu bingung, kamu bisa mendapatkan cuka dengan mudah di toko-toko terdapat lho. Atau, kamu juga bisa membelinya lewat e-commerce. Cek di bawah ini untuk membeli cuka lewat e-commerce favoritmu.

 

foto: YouTube/@Gianola Vlog

Supaya hasilnya kian maksimal, kebersihan dapur juga harus diperhatikan. Cara menyimpan makanan yang kurang tepat dapat pula berpotensi mengundang semut di dapur atau meja makan.

"Simpan makanan di wadah tertutup atau masukkan ke dalam kulkas. Jangan lupa juga untuk menghilangkan sumber bau dengan rutin membuang sampah dan menjaga kebersihan rumah. Jadi jangan lagi deh mengundang semut," terangnya lebih lanjut.

foto: YouTube/@Gianola Vlog

Video tentang trik mengusir semut ini telah ditonton lebih dari 13 ribu kali sejak diunggah pada 28 Mei lalu. Banyak warganet yang lantas mengungkapkan terima kasih karena mendapat ilmu baru yang bermanfaat. Hal ini disampaikan langsung melalui kolom komentar video tersebut.

"Kan kan bunda lagi" tips ny manfaat banget baru tau sy klau Cuka bisa bikin semut gk suka," ungkap YouTube @trikurniyatimuharso4117.

"Masyaallah, makasih buk, saya anak gadis perlu ilmu gini byk"," sahut YouTube @zahro6011.

"Maasya Allah,,rajin nya si ibu
Makasih bnyk yah tips nya," kata YouTube @juniaraja254.