Dilansir BrilioFood dari YouTube Yusuf Banyuwangi pada Rabu (13/9), bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah sabun cuci piring dan garam. Nggak cuma itu, ia juga menambahkan detergen agar cairan pengusir semut yang dihasilkan lebih beraroma harum.

Caranya, siapkan wadah lalu isi dengan 1/2 liter air. Lalu tuang 1 sdm sabun cuci piring ke dalam wadah.

foto: YouTube/Yusuf Banyuwangi

Jangan langsung diaduk, tambahkan juga 1 sachet detergen cair ke dalam wadah. Terakhir, tambahkan 1 sdm garam halus ke dalam wadah, aduk sampai semua bahan tercampur rata.

foto: YouTube/Yusuf Banyuwangi

Jika sudah tercampur sempurna, cairan pengusir semut sudah bisa dipakai. Untuk mempermudah penggunaan, pria ini menuangkan cairan tersebut ke dalam botol spray. Isi botol spray sampai penuh, tutup, lalu semprotkan ke area-area yang sering dilalui semut.

"Penyemprotan di jalur masuk semut ke rumah, seperti bak cuci piring, dinding, jendela. Dengan seperti itu maka semut akan terusir dengan sendirinya karena bau dari cairan ini sangat tidak disukai oleh semut," ungkapnya lebih lanjut.

foto: YouTube/Yusuf Banyuwangi

Unggahan milik pengguna YouTube Yusuf Banyuwangi ini sudah ditonton lebih dari 152.000 kali. Bahkan tidak sedikit juga warganet yang tertarik dan ikut menanggapi langsung di kolom komentar. Di antaranya, ada yang mengaku ingin mencoba cara ini untuk mengusir semut di rumah.

"Terimakasih saudaraku sudah berbagi pengetahuan sukses selalu y," tulis akun YouTube Jrcofficial.

"Terima kasih telah berbagi pengetahuan, sangat bermanfaat, ditunggu video terbaru berikutnya," ujar akun YouTube Sumikupudjifamily.

"Oo mksih ilmunya pk yusuf sangat bermanfaat..sehat sllu," sahut akun YouTube Mbmaywongndeso.

"Mksih informasi tentang cara mengusir semut nya om, langsung kita praktekkan," ucap akun YouTube Gayaku.

"Trimakasih tipsnya pak.kebetulan dirumah mbok jar banyak semut juga," tulis akun YouTube Mbok Jar.

 

Cara mengusir semut pakai 2 bahan dapur
© 2023 brilio.net/Rakha Kharista