"Saat saya membuat lontong ini. Kita nggak sadar kalau mengisi airnya terlalu penuh. Akhirnya, airnya meluap membasahi kompor dan kompornya mati tiba-tiba," terang YouTube BERBAGI DUNIA, dikutip BrilioFood pada Senin (26/6).

foto: YouTube/BERBAGI DUNIA

Usut punya usut, api kompor yang mati biasanya disebabkan oleh dua hal. Pertama, pemantik kompor bisa jadi berkerak atau kotor karena terkena air dan cipratan masakan. Kedua, selang atau pipa pancingan gas yang tersumbat.

"Apalagi kedua alat ini terkunci (tersumbat), otomatis tidak ada api yang keluar dari burner," jelasnya lebih lanjut.

Tak tinggal diam, pengguna YouTube tersebut lantas membeberkan cara sederhana untuk mengatasi masalah tersebut. Jika api kompor mati karena tersumbat, jadi dia tak perlu membongkar kompor gas. Alat yang dipakai juga cukup mudah didapat, yakni hanya ampas (kertas pasir), cutter, dan kain lap.

Caranya, buka terlebih dahulu tungku kompornya. Lalu lap bodi kompor dengan kain. Jika sudah, bersihkan pemantik yang berkarat dan kotor. Gunakan amplas untuk membersihkan ujung besi pada pemantik. Lalu gosok hingga bersih.

foto: YouTube/BERBAGI DUNIA

Tapi jika sekiranya sulit menggunakan amplas, kamu bisa memanfaatkan pisau cutter yang permukaannya lebih tipis dan runcing. Gosok-gosok terus ujung besi pemantik hingga bersih dan bebas kotoran. Besi pemantik yang sudah bersih nantinya bisa memercikkan api dengan lebih mudah.

Selanjutnya, bersihkan juga pipa pancingan gas. Menurut pengguna YouTube BERBAGI DUNIA, masalah pipa tersumbat ini pada dasarnya jarang terjadi. Namun jika api kompor masih tidak nyala saat besi pemantik sudah dibersihkan, kamu bisa membersihkan pipa pancingan gas tersebut dengan benang besi.

foto: YouTube/BERBAGI DUNIA

Caranya pun mudah, lipat besi hingga bagian ujungnya bisa masuk ke dalam pipa pancingan tersebut. Lalu gosok-gosok bagian dalam dengan besi tersebut sampai benar-benar bersih dan kotorannya hilang. Dengan begitu, aliran gas akan lebih lancar dan api kompor bisa menyala dengan baik.

Dalam video tersebut, pengguna YouTube BERBAGI DUNIA membeberkan hasil dari pembersihan yang dilakukan. Pasang dulu tungku kompor, lalu nyalakan api seperti biasa. Benar saja, api kompor berhasil menyala seperti biasanya hanya dengan membersihkan bagian besi pemantiknya saja.

foto: YouTube/BERBAGI DUNIA

Unggahan tentang cara mengatasi api kompor mati ini sudah ditonton lebih dari 16 ribu kali. Banyak pengguna YouTube lain yang tertarik. Melalui kolom komentar, mereka juga mengaku berterima kasih karena mendapat ilmu baru yang bermanfaat.

"Terima kasih info nya Pak.. Beneran berhasil.. Sukses ya Pak," ungkap YouTube @cici-ki7rb.

"alhamdulillah berhasil, tadinya cm dibersihin pas lubangnya aja dan masih ga nyala... Pas coba yang tutorial ini...it works . Terima kasih banyak bang," sahut YouTube @ayudwirahayu1671.

"Sangat mengedukasi sekali, terimakasih," papar YouTube @andreasroy5228.

"Makasi banget pak Alhamdulillah kompor sya sudah bish nyalah,,stlh coba tutorial dri bapk," kata YouTube @mirarosmawati6683.

"Sangat mmbtu.. Benar2 lngsung bisa. Dg carA menggosok pemantik api dg kater.
Makasi bnyak bg, ujar YouTube @silviagusdiana9103.