Trik merebus rebung agar tetap putih dan antibau.

Dilansir BrilioFood dari YouTube Ulien kura ceria pada Rabu (21/2), bahan dapur yang digunakan adalah serai dan jeruk nipis. Nah, kedua bahan ini dinilai dapat membantu menghilangkan bau pesing dan rasa pahit pada rebung. Selain itu, warna hasil rebusan rebung juga tetap putih bersih atau tidak kehitaman.

foto: YouTube/Ulien kura ceria

Cara pakainya, cukup siapkan rebung yang sudah dikupas dan dipotong-potong. Setelah itu, rebus air sampai mendidih. Pastikan airnya lebih banyak dari jumlah rebung yang hendak direbus, ya. Lalu masukkan 1 batang serai yang sudah diikat dan 1 buah jeruk nipis yang sudah dipotong-potong (bukan air jeruknya saja).

foto: YouTube/Ulien kura ceria

Jika air sudah benar-benar mendidih, masukkan potongan rebung. Lalu aduk-aduk hingga merata dan rebus sampai airnya kembali mendidih. Ketika airnya sudah mendidih, tutup pancinya. Saat merebus, gunakan api besar agar rebung tidak berwarna kuning atau kehitaman.

"Seperti yang kita ketahui, rebung mempunyai aroma yang tidak sedap, sehingga banyak orang yang enggan memasaknya. Jadi dengan serai, kita apat mengurangi bau yang tidak sedap pada rebung. Dan jeruk nipis dapat memperkuat warna agar tetap nampak cantik," terang Ulien.

foto: YouTube/Ulien kura ceria

Namun tak hanya menghilangkan bau dan mempertahankan warna putih, kedua bahan tersebut juga membantu mengurangi rasa pahit pada rebung, lho.

Nah, jika dirasa rebungnya sudah empuk dan matang, buka tutup panci. Lalu matikan api dan tiriskan rebung. Rebung yang sudah direbus ini pun bisa langsung dikonsumsi atau diolah kembali dengan berbagai macam bumbu.

foto: YouTube/Ulien kura ceria

Sejak diunggah pada Senin (19/2) lalu, video tentang trik merebus rebung ini sontak menuai perhatian warganet. Siapa sangka, sudah banyak pengguna YouTube lain yang tertarik dan turut memberikan tanggapan secara langsung di kolom komentar. Sebagian bahkan mengaku takjub dengan hasil rebung yang putih.

"Sekarang jd tahu caranya merebus rebung agar tetap putih dan tidak bau
Terimakasih tips nya kakak," ungkap YouTube @sevyzaesvy7797.

"Pantesan jadi wangi, ternyata Serai & Jeruk nipis. Ada aja ide cemerlang nya Kalo aku suka nya di gulai bebe.. Maknyoss," sahut YouTube @MellyReynolds.

"warnanya tetep putih ,, kalaunyg muda banget disayur asem enak banget nih," kata YouTube @risnadidwd2131.

"Terima kasih kak tutorial cara mengupas fan merebus rebungnya. hasilnya. wajib dicoba nih triknya apabila mau masak rebung," ujar YouTube @mbahputrichannel.

"rebungnya segar dan terimakasih sudah berbagi tip," papar YouTube @cunangki26.

 

Cara menyimpan rebung yang sudah direbus.

INFOGRAFIS TRIK MEREBUS REBUNG AGAR TETAP PUTIH DAN TAK BAU TANPA DITAMBAH GULA ATAU GARAM
© 2024 brilio.net/Rakha Kharista

Setelah merebus rebung, kamu dapat menyimpannya dengan beberapa cara agar tetap segar dan dapat digunakan untuk waktu yang lebih lama.

1. Rebusan air.

Simpan rebung dalam wadah kedap udara yang berisi air rebusan rebung. Pastikan airnya cukup untuk menutupi rebung. Ganti air setiap 1-2 hari agar tetap segar.

2. Kulkas.

Jika ingin menyimpan rebung dalam jangka waktu yang lebih lama, letakkan rebung yang sudah direbus dalam wadah kedap udara di dalam kulkas. Jangan biarkan terlalu lama karena rebung segar biasanya hanya tahan selama beberapa hari.

3. Freezer.

Untuk jangka yang lebih lama lagi, kamu juga bisa membekukannya. Sebelum dibekukan, pastikan untuk mengeringkan rebung dan memasukkannya ke dalam kantong plastik kedap udara atau wadah lain yang sesuai. Ketika ingin menggunakannya, kamu bisa mencairkannya di suhu ruangan atau langsung dimasak dalam keadaan beku.

4. Asinan.

Jika kamu ingin menyimpan rebung dengan cara yang lebih kreatif, kamu dapat membuat asinan. Rebus rebung dengan cuka, garam, gula, dan bumbu lain sesuai selera. Setelah dingin, simpan dalam wadah kedap udara di kulkas. Asinan bisa bertahan selama beberapa minggu.

5. Dikeringkan.

Kamu juga dapat mengeringkan rebung untuk disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama. Potong rebung menjadi potongan kecil, kemudian keringkan di bawah sinar matahari atau dengan menggunakan oven pada suhu rendah. Setelah benar-benar kering, simpan dalam wadah kedap udara di tempat sejuk dan kering.

6. Penyimpanan jangka panjang.

Jika ingin menyimpan rebung untuk jangka panjang, pertama-tama keringkan rebung secara menyeluruh. Kemudian, simpan dalam wadah kedap udara di tempat yang sejuk, kering, dan gelap. Rebung yang disimpan dengan cara ini dapat bertahan hingga beberapa bulan.

7. Asap.

Metode lain untuk menyimpan rebung adalah dengan mengasapkannya. Setelah direbus, asaplah rebung dengan asap kayu yang tidak beracun. Setelah proses pengasapan selesai, rebung bisa disimpan dalam wadah kedap udara di kulkas.

8. Pengawetan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bahan pengawet makanan yang aman dan sesuai dengan petunjuk penggunaannya untuk menyimpan rebung dalam jangka waktu yang lebih lama.

9. Kemasan vakum.

Gunakan mesin pengemas vakum untuk mengemas rebung dalam kantong plastik vakum. Proses pengemasan vakum akan membantu mempertahankan kesegaran rebung lebih lama.