Brilio.net - Daun pisang adalah salah satu bahan alami yang telah lama digunakan dalam berbagai tradisi kuliner, terutama di negara-negara tropis. Selain berfungsi sebagai pembungkus makanan, daun pisang juga memberikan aroma khas yang meningkatkan cita rasa hidangan. Penggunaan daun pisang mencakup berbagai jenis masakan, mulai dari kue tradisional hingga lauk-pauk yang dikukus atau dipanggang.

Keunggulan daun pisang tidak hanya terbatas pada fungsinya sebagai pembungkus alami. Daun ini juga memiliki sifat antilengket yang membuatnya ideal untuk memasak makanan tanpa perlu minyak tambahan. Selain itu, daun pisang mengandung polifenol, senyawa antioksidan yang dapat berpindah ke makanan saat dimasak, sehingga menambah manfaat kesehatan pada hidangan yang disajikan.

Banyaknya orang yang menggunakan daun pisang membuat barang satu ini kerap disimpan dalam jumlah banyak sebagai stok. Sayangnya daun pisang yang tidak disimpan dengan baik cenderung mudah menguning dan kering. Padahal daun pisang yang menguning dan kering membuatnya sulit digunakan karena bentuknya yang kaku.

Untuk memperpanjang masa simpan daun pisang, kamu bisa meniru trik yang dibagikan pengguna Instagram @siskadp0809. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku bisa memperpanjang masa simpan daun pisang meski tidak dibekukan. Nah, metode ini bisa membuat daun pisang jadi tetap hijau segar hingga 3 minggu lamanya.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @siskadp0809 pada Senin (12/8), metode yang digunakan adalah dengan menyimpan daun pisang dalam kulkas. Lebih tepatnya, dia meletakkan daun pisang ini di rak kulkas bagian bawah. Namun agar bisa tahan lama, ada alat yang harus disiapkan, yakni kertas atau koran dan plastik ziplock.

foto: Instagram/@siskadp0809

Cara menyimpannya pun cukup mudah. Kamu bisa menggulung daun pisangnya terlebih dahulu. Setelah itu, bungkus dengan kertas atau koran. Pastikan seluruh bagian daun pisang terbungkus sempurna, ya.

foto: Instagram/@siskadp0809

Selanjutnya, masukkan daun pisang ini ke dalam plastik ziplock. Setelah itu, letakkan di kulkas bagian bawah. Nah, kertas atau koran tersebut akan menyerap kelembapan dan uap air yang keluar dari daun pisang. Di sisi lain, plastik ziplock akan menghambat suhu dingin kulkas langsung bersentuhan dengan daun pisang. Hal tersebut akan membuat daun pisang jadi lebih tahan lama disimpan, bahkan tak menguning dan kering hingga 2 minggu.

foto: Instagram/@siskadp0809

Unggahan tentang cara menyimpan daun pisang ini telah ditonton lebih dari 13 ribu kali. Siapa sangka, banyak pengguna Instagram lain yang mengaku baru tahu trik tersebut. Di sisi lain, ada juga yang membersihkan saran lain dalam menyimpan daun pisang.

"Bener bgt yg tips pertama suka praktekin kalo mau buat nasi bakar," sahut Instagram @rumah.zra.

"Terima kasih tips nya kak," papar Instagram @dapoersolo_kennara.

"Makasih tipsnya. Aq baru tau," tulis akun Instagram @mikapratisha.

"Jd lentiur tp tetep ijo ya," komentar akun Instagram @ade_rahmidiana.

"Ak gulung rapi di plastik wrap rapet tahan 2 bulan," kata Instagram @desi_kitchen19.