Cara mengatasi gunting tumpul agar tajam lagi.

foto: YouTube/RIYADI family

Dilansir BrilioFood dari YouTube RIYADI family, Senin (6/5), alat yang digunakan adalah stik es krim dan amplas. Sementara bahan dapur yang dipakai adalah minyak sayur.

foto: YouTube/RIYADI family

Pertama-tama, siapkan semua alat dan bahan. Setelah itu, sesuaikan ukuran amplas dengan stik es krim. Jika sudah, gunting amplas sesuai bentuk stik es krim. Selanjutnya, tempelkan amplas ke stik es krim menggunakan lem.

foto: YouTube/RIYADI family

Amplas yang menempel di stik es krim pun sudah siap digunakan. Ambil gunting yang tumpul, lalu olesi bagian mata pisaunya dengan minyak sayur agar licin.

"Posisikan gunting dengan posisi mata pisaunya di bagian atas. Siapkan juga minyak sayur secukupnya sebagai pelumas gunting," ungkapnya.

foto: YouTube/RIYADI family

Setelah itu, gosokkan amplas tadi ke mata pisau gunting. Setelah diasah, bersihkan sisa minyak sayur yang masih menempel di gunting.

foto: YouTube/RIYADI family

Setelah gunting diasah dengan amplas, pengguna YouTube tersebut juga mengencangkan mata pisau yang mulai kendur. Dia membongkar gunting tersebut dan mengganti baut di bagian tengah gunting dengan baut mur. Setelah itu, lem baut tersebut agar menempel kuat di gunting.

"Sekarang kerapatannya bisa kita atur kalau pakai baut mur seperti ini," terangnya.

foto: YouTube/RIYADI family

Selanjutnya, pengguna YouTube tersebut mencoba menggunakan gunting untuk memotong kain dan plastik. Hasilnya, gunting yang semula tumpul kini jadi tajam lagi seperti baru.

"Padahal tadi susah buat motong kain, sekarang jadi mudah banget," pungkasnya.

Sejak diunggah pada Oktober 2022, video tersebut sudah ditonton sebanyak 230 ribu kali. Maka nggak heran kalau banyak warganet yang tertarik untuk mencoba trik satu ini.

"Mau coba guntingku banyak yg tumpul nanti aku balik lg smg berhasil jd g perlu beli lg thank u ya," tulis akun @galuhauliakastalani1215.

"Makasih tutorial bang. Gunting ku ada yg nggak tajam wajib di coba ni..," kata akun @makeupbundaasih407.

"Wow bisa dicoba dech..terimakasih infonya Bang," komentar akun @umaanton3320.

 


Cara merawat gunting agar tidak mudah tumpul.

Untuk merawat gunting agar tidak mudah tumpul, kamu dapat mengikuti beberapa langkah berikut:

1. Gunakan dengan bijak.

Gunakan gunting hanya untuk tujuan yang sesuai. Hindari memotong bahan yang terlalu keras atau tebal untuk kemampuan gunting tersebut.

2. Pilihlah material yang tepat.

Pilih gunting yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan tahan lama. Gunting yang terbuat dari baja atau logam berkualitas tinggi biasanya lebih tahan terhadap keausan.

3. Pemeliharaan yang rutin.

Bersihkan gunting setelah digunakan untuk menghindari penumpukan bahan yang dapat mengurangi kinerjanya. Selain itu, secara teratur asah mata gunting untuk mempertahankan ketajamannya.

4. Simpan dengan baik.

Simpan gunting di tempat yang kering dan tidak terkena kelembapan atau paparan udara yang berlebihan. Hindari juga menyimpannya bersama dengan benda-benda yang bisa merusak mata gunting, seperti logam lainnya.

5. Gunakan pada bahan yang sesuai.

Pastikan kamu menggunakan gunting yang sesuai dengan jenis bahan yang akan dipotong. Gunakan gunting kain untuk memotong kain, gunting kertas untuk memotong kertas, dan sebagainya.