Brilio.net - Freezer telah menjadi salah satu perabot dapur yang paling penting dalam rumah tangga. Dengan kemampuannya untuk membekukan makanan, freezer memungkinkan penyimpanan bahan makanan dalam jangka waktu yang lama tanpa kehilangan banyak nutrisi. Dari daging, sayuran, hingga makanan siap saji, semua bisa disimpan dengan aman dalam kondisi beku, sehingga kesegaran dan kualitasnya terjaga hingga berbulan-bulan.

Namun, meski freezer menawarkan banyak keuntungan, ada tantangan yang kerap dihadapi ketika hendak mengolah makanan beku. Salah satunya adalah pada proses pencairan makanan yang membutuhkan waktu. Makanan beku harus dicairkan terlebih dahulu sebelum diolah, dan proses ini bisa memakan waktu beberapa jam hingga semalaman, tergantung pada jenis dan ukuran makanan.

Hal tersebut tentu bisa menjadi kendala terutama saat memerlukan persiapan makanan dalam waktu singkat. Sebagai gantinya, banyak orang kemudian mencairkan makanan beku dengan berbagai macam cara. Misalnya dengan merendam makanan dalam air panas dan cuka. Hal ini dinilai dapat membuat makanan jadi lebih mudah mencair dan bisa dimasak.

Namun perlu diketahui bahwa penggunaan air panas juga dapat membuat makanan justru matang dan teksturnya tentu berubah. Supaya hal tersebut tidak terjadi, kamu bisa menggunakan trik mencairkan makanan beku yang dipraktikkan oleh pengguna TikTok @etryherlinda7. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan satu bahan dapur untuk mencairkan makanan beku.

trik mencairkan udang beku dalam 5 menit
TikTok/@etryherlinda7

Dilansir BrilioFood dari TikTok @etryherlinda7 pada Jumat (27/9), warganet tersebut mulanya mengaku hendak mencairkan udang beku. Nah, udang ini benar-benar menggumpal dan sangat keras, sehingga harus dicairkan terlebih dahulu. Alih-alih menggunakan air panas, pengguna TikTok tersebut justru mengandalkan air biasa suhu ruang dan satu bahan dapur, yakni garam.

trik mencairkan udang beku dalam 5 menit
TikTok/@etryherlinda7

Cara pakainya, letakkan udang atau bahan makanan beku yang hendak dicairkan di dalam mangkuk. Lalu taburkan garam dapur dengan takaran cukup banyak. Setelah itu, tuang air hingga seluruh permukaan udang terendam sempurna.

trik mencairkan udang beku dalam 5 menit
TikTok/@etryherlinda7

Selanjutnya, diamkan selama kurang lebih 5 menit. Nah, setelah didiamkan selama 5 menit, udang yang semula menggumpal akan terpisah karena mulai mencair. Jika sudah seperti itu, udang bisa langsung dicuci bersih dan dimasak.

"Berlaku buah ikan atau ayam juga ya," kata TikTok @etryherlinda7.

trik mencairkan udang beku dalam 5 menit
TikTok/@etryherlinda7

Pada dasarnya, air garam memiliki titik beku yang lebih rendah dibandingkan air biasa. Ketika udang beku direndam dalam air garam, suhu sekitar udang lebih rendah daripada jika hanya direndam dalam air biasa, namun tetap di atas titik beku air garam tersebut. Hal ini mempercepat proses pencairan karena udang yang bersentuhan dengan larutan garam tidak akan mengalami refreezing (beku kembali) seperti yang mungkin terjadi dalam air biasa.

Sementara itu, menurut Food Safety and Inspection Service (FSIS) yang dilansir dari doh.wa.gov, mencairkan makanan laut beku dengan merendamnya dalam air dingin memang direkomendasikan sebagai metode yang aman dan efektif, namun perlu dilakukan dengan air dingin dan tidak lebih dari dua jam untuk mencegah pertumbuhan bakteri.