Brilio.net - Blender merupakan salah satu alat dapur yang sering digunakan sehari-hari. Selain untuk membuat jus, banyak orang juga memanfaatkan blender untuk menghaluskan bumbu masak.

Karena sering dipakai, pisau di dalam blender bisa menjadi tumpul. Hal ini membuat proses penghalusan bahan makanan jadi kurang maksimal. Agar bahan bisa halus dengan baik, kamu harus memblender lebih lama. Namun, cara ini selain merepotkan, juga membuat penggunaan listrik menjadi lebih boros.

Oleh karena itu, pisau blender perlu diasah secara berkala. Berbeda dengan pisau biasa, pisau blender tidak bisa asal diasah. Jika tidak dilakukan dengan benar, pisau bisa menjadi rusak atau patah.

Banyak orang mengasah pisau blender menggunakan cangkang telur. Tekstur keras dari cangkang telur membantu mengasah pisau yang sudah tumpul. Meskipun pisau menjadi tajam kembali, terkadang cangkang telur meninggalkan bau amis pada blender, sehingga perlu dibersihkan beberapa kali.

Jika kamu tidak ingin repot, ada cara lain yang bisa dicoba seperti yang dilakukan oleh warganet bernama Ahmad Harisman.

Di salah satu video yang diunggah di YouTubenya, ia memakai larutan garam untuk mengasah pisau blender. Penasaran bagaimana cara dan hasilnya?

Dilansir BrilioFood dari YouTube Ahmad Harisman pada Selasa (17/9), colokkan blender ke daya listrik. Jika sudah, buka blender lalu masukkan 3-4 sdt garam.

cara mengasah pisau blender pakai larutan garam
© 2023 YouTube/Ahmad Harisman

Jangan langsung ditutup, tuangkan juga air secukupnya sampai memenuhi setengah tinggi gelas blender. Jika sudah, tutup rapat dan nyalakan blender.

"Blender seperti menghaluskan bumbu dapur lainnya, cukup 5 menitan aja," ungkapnya.

cara mengasah pisau blender pakai larutan garam
© 2023 YouTube/Ahmad Harisman

Bentuk garam yang seperti kristal dan bertekstur keras dipercaya mampu membuat pisau blender kembali terasah secara maksimal. Pastikan lakukan cara ini secara rutin agar pisau blender jadi tajam maksimal.

Buka tutup blender jika sudah dinyalakan selama 5 menit. Buang larutan garam lalu bilas gelas blender pakai air biasa. Kalau mau bersih maksimal, gelas blender juga boleh dicuci pakai sabun cuci piring seperti biasa.

Pasang kembali gelas blender yang sudah dicuci bersih ke bagian mesinnya. Karena sudah tajam kembali, blender bisa langsung digunakan untuk menghaluskan berbagai bahan makanan atau membuat jus.

cara mengasah pisau blender pakai larutan garam
© 2023 YouTube/Ahmad Harisman

Mudah dan nggak butuh biaya banyak, kan?