Brilio.net - Gembok kebanyakan dipakai untuk mengunci pagar atau pintu rumah. Nah, seringnya, gembok dibiarkan terkena hujan dan sinar matahari langsung sehingga alat satu ini mudah berkarat. Karat pada gembok berisiko bikin alat ini macet dan sulit digunakan.

Saat mengalami hal tersebut, banyak orang memilih membeli gembok baru dan membuang gembok yang sudah berkarat. Padahal, gembok lama yang karatan masih bisa dibersihkan jadi kinclong lagi, lho. Trik bersihkan noda karat pada gembok sempat dibagikan oleh pengguna akun YouTube Saim Attiq Official.

Usut punya usut, trik bersihkan noda karat penyebab gembok macet ini bisa kamu praktikkan dengan tambahan satu bahan dapur. Nah, kalau kamu mencoba trik ini, nantinya nggak perlu merogoh kocek untuk membeli gembok baru lagi.

Alat dan bahan untuk bersihkan noda karat penyebab gembok macet.

Sebelum memulai trik membersihkan gembok pakai bahan dapur, kamu harus siapkan satu alat terlebih dahulu, yaitu kertas amplas. Gosok gembok berkarat dengan amplas tersebut selama beberapa saat sampai noda karatnya rontok.

foto: YouTube/Saim Attiq Official

Setelah semua noda karat yang bisa dijangkau rontok, baru siapkan panci untuk merebus air bersih. Tunggu sampai airnya mendidih, baru masukkan gembok ke dalamnya. Nah, proses merebus gembok ini akan membantu melunturkan sisa karat yang masih tertinggal.

Kalau gembok sudah masuk ke dalam air rebusan, baru tambahkan 1 sdt garam. Rebus selama beberapa menit sampai airnya mendidih lagi. Kemudian, matikan api kompor dan biarkan gembok terendam selama 2 jam.

foto: YouTube/Saim Attiq Official

Terakhir, angkat dan keringkan gembok sebelum digunakan kembali. Pemilik akun YouTube Saim Attiq Official memperlihatkan kondisi gemboknya setelah direbus nih, dapat dilihat hasilnya jadi jauh lebih kinclong dan bebas noda karat, kan?

foto: YouTube/Saim Attiq Official