Brilio.net - Kunyit memiliki pigmen kuning cerah yang dikenal sebagai kurkumin. Zat ini dapat dengan cepat meninggalkan noda ketika terkena kulit. Kekuatan pigmennya yang kuat membuat bekas kuning kunyit ini sulit untuk dihilangkan, sekalipun kamu sudah mencuci tangan secara berulang. Ketahanan noda kunyit pada kulit disebabkan oleh sifat pigmennya yang sangat kuat dan kemampuan untuk menempel pada lapisan luar kulit.

Selain itu, kunyit juga memiliki minyak yang membuatnya lebih mudah menembus pori-pori kulit, sehingga semakin sulit untuk membersihkannya jika hanya dengan air biasa. Banyak orang mencoba berbagai metode, seperti menggosok tangan dengan lemon, menggunakan baking soda, atau bahkan deterjen, namun hasilnya sering kali tidak memuaskan dan tetap memerlukan waktu serta usaha ekstra.

Padahal sebenarnya, ada cara yang lebih mudah untuk menghilangkan noda kunyit di jari tangan. Cara ini pernah dipraktikkan oleh pengguna Instagram @rumakita.91 melalui salah satu video yang diunggah. Dia mengaku bahwa cara tersebut lebih ampuh menghilangkan noda kunyit dengan maksimal tanpa meninggalkan bekas.

Alih-alih menggunakan baking soda, dia justru mengandalkan bahan sederhana yang ada di rumah. Dilansir BrilioFood dari Instagram @rumakita.91 pada Selasa (24/9), bahan sederhana yang dimaksud adalah minyak kayu putih. Nah, minyak kayu putih ini bisa melarutkan zat kurkumin yang menempel di jari tangan, sehingga lebih mudah luntur saat dibilas.

foto: Instagram/@rumakita.91

Untuk cara pakainya lebih jelas, tuang beberapa tetes minyak kayu putih ke jari tangan yang terkena noda kunyit. Setelah itu, gosok-gosok secara perlahan. Lakukan proses ini sampai seluruh bagian jari yang kotor terlumuri dengan minyak kayu putih.

foto: Instagram/@rumakita.91

Jika sudah, bilas tangan seperti biasa. Tuang sabun cuci piring dan gosok-gosok lagi secara perlahan. Barulah kemudian bilas di bawah air mengalir sambil digosok-gosok agar nodanya semakin hilang.

Sesaat setelah dibilas, jari tangan jadi lebih bersih, lho. Bahkan noda kuning kunyitnya sudah benar-benar hilang tanpa bekas. Hal ini menandakan bahwa minyak kayu putih sangat ampuh menghilangkan noda kunyit di jari tangan.

foto: Instagram/@rumakita.91

Pada dasarnya, minyak kayu putih memang sangat efektif menghilangkan noda kunyit di jari tangan. Salah satu penyebabnya adalah karena minyak kayu putih memiliki sifat pelarut yang kuat, sehingga dapat melarutkan pigmen kunyit yang menempel pada kulit. Pigmen kunyit atau kurkumin ini memiliki kandungan minyak yang membuatnya mudah menembus dan menempel pada kulit. Minyak kayu putih mampu melarutkan pigmen tersebut, sehingga memudahkan untuk menghilangkannya dari permukaan kulit.

Selain sifat pelarutnya, minyak kayu putih juga memiliki kemampuan untuk menembus lapisan luar kulit. Ini berarti minyak kayu putih dapat mencapai pigmen kunyit yang telah menembus pori-pori kulit dan membantu mengangkat nodanya. Ketika minyak kayu putih diaplikasikan pada noda kunyit dan digosok secara perlahan, pigmen kunyit yang larut akan terangkat dari kulit, sehingga noda menjadi lebih mudah dibersihkan.

Unggahan tentang cara hilangkan noda kunyit ini telah ditonton lebih dari 2.000 kali di Instagram. Nggak heran jika kemudian ada banyak pengguna Instagram lain yang tertarik dan turut memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Sebagian besar warganet ini mengungkapkan terima kasih karena mendapat ilmu baru yang bermanfaat.

"Itumi pake plastikka klo kupas kunyitnya auto save beb yah mantap tipsnya," papar Instagram @rumahyuqibam.

"Wah wajib coba mulai sekarang," tulis akun Instagram @aeni_airen.

"Tipsnyaa bermanfaat banget ini ceuu," komentar akun Instagram @zelinenaila.