foto: YouTube/Gilbams Kitchen

Jika sudah, masukkan 1 sdt garam dan 1/2 buah air perasan jeruk nipis. Aduk kedua bahan tersebut agar tercampur rata dan tunggu sampai air mendidih. Kalau sudah mendidih, masukkan daun pepaya ke dalam panci.

"Cukup direbus 3 menit saja lalu angkat," terangnya.

foto: YouTube/Gilbams Kitchen

Setelah diangkat, masukkan daun pepaya ke dalam wadah, lalu cuci dan peras agar tidak pahit. Pengguna YouTube tersebut mengulangi proses tersebut sebanyak tiga kali.

"Lalu rendam lagi selama 10 menit," tambahnya.

foto: YouTube/Gilbams Kitchen

Karena daun pepaya tersebut akan diolah menjadi buntil, pengguna YouTube tersebut pun menyiapkan bumbu untuk memasak olahan daun pepaya, seperti 4 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 3 butir kemiri, 2 cm jahe, 2 cm kunyit, 2 buah cabai merah besar, 5 buah cabai rawit, 2 lembar daun jeruk buang tengahnya, 1 sdt gula, 1/2 sdt garam, 1/2 sdt kaldu bubuk, dan sedikit air.

Kemudian semua bumbu tersebut dihaluskan dengan blender. Selanjutnya, panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus sampai harum dan tanak. Jika sudah, bagi dua bumbu halus dan sisihkan salah satunya. Sementara sisa bumbu yang berada di wajan kembali dimasak dengan 8 sdm kelapa parut selama 5 menit, kemudian baru diangkat.

foto: YouTube/Gilbams Kitchen

Proses memasak dilanjutkan dengan menggoreng 150 gr ikan teri yang sudah dicuci bersih. Jika sudah matang, campurkan ikan teri ke bumbu yang sudah ditumis bersama kelapa parut tadi. Aduk-aduk sampai bumbu dan ikan teri tercampur rata, lalu sisihkan.

foto: YouTube/Gilbams Kitchen

Daun pepaya yang sudah direndam selama 10 menit kemudian diperas, lalu ditiriskan. Setelah itu, letakkan daun pepaya di atas talenan, lalu beri isian bumbu dan ikan teri tadi. Gulung-gulung daun pepaya hingga membentuk bulatan, lalu ikat dengan tusuk gigi.

foto: YouTube/Gilbams Kitchen

Tumis sisa bumbu buntil tadi, lalu tambahkan 200 ml air dan 35 gr santan instan. Masukkan buntil, lalu masak sampai bumbu meresap dan mengental. Buntil daun pepaya yang sudah tidak pahit pun siap disajikan.

 

 


Cara menghilangkan getah pada daun pepaya.

Untuk menghilangkan getah atau lendir pada daun pepaya, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Pilih daun yang baik.
Pilih daun pepaya yang segar dan masih dalam kondisi baik.

2. Cuci dengan air bersih.
Cuci daun pepaya dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel.

3. Rendam dengan air garam.
Rendam daun pepaya dalam air yang telah diberi sedikit garam selama beberapa menit. Garam dapat membantu menghilangkan getah atau lendir yang menempel pada daun.

4. Gosok dengan spons atau kain lap.
Gosok daun pepaya dengan lembut menggunakan spons atau kain lap yang basah. Hal ini akan membantu melonggarkan dan mengangkat getah atau lendir yang menempel.

5. Bilas dengan air bersih.
Setelah getah atau lendir terangkat, bilas daun pepaya dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa garam dan getah yang mungkin masih ada.

6. Keringkan dengan tisu atau kain bersih.
Keringkan daun pepaya dengan tisu atau kain bersih sebelum digunakan untuk memasak atau dijadikan bahan lainnya.