Brilio.net - Alpukat yang dijual di pasaran nggak melulu dalam kondisi sudah matang. Alhasil, usai dibeli, buah ini belum bisa langsung dinikmati, karena harus dimatangkan terlebih dahulu. Ada banyak cara mematangkan alpukat, misalnya diperam di beras, ditusuk menggunakan lidi, dan masih banyak lagi.

Namun, ada kalanya cara-cara tersebut gagal dilakukan, sehingga daging buah alpukat jadi kehitaman atau busuk. Nah, ada satu trik dari pengguna akun X @febrinasugianto buat mematangkan alpukat. Ia mengaku, sejak menerapkan trik ini di 2019 silam, hingga sekarang alpukat yang ia konsumsi selalu matang, tak kehitaman, dan berdaging lembut.

foto: X/@febrinasugianto

Usut punya usut, trik inipun sederhana banget, karena nggak membutuhkan media seperti beras atau lidi sama sekali. Jadi, alpukat baru dibeli di pasaran yang belum matang bisa kamu letakkan begitu saja di atas lantai, tak perlu alas sama sekali.

"Jadi waktu disimpan di lantai ga pake alas piring atau apapun, langsung nyentuh lantai ajaa. Apapun jenis, ukuran alpukatnya, hasilnya selalu bagus (jujur aku ga bisa milih alpukat)," tegas pengguna akun X @febrinasugianto, dikutip BrilioFood pada Jumat (12/7).

foto: X/@febrinasugianto

Biarkan alpukat berada di lantai selama beberapa hari sampai kulitnya berubah warna jadi menghitam. Jika sudah seperti itu, alpukat bisa langsung dimakan ataupun disimpan dulu di dalam kulkas sebelum dinikmati.

Di kolom komentarnya, warganet mengaku penasaran dan mempertanyakan bagaimana rasa daging alpukat yang dimatangkan dengan trik ini.

"Taste-nya bagaimana? Sama enaknya atau kecut?" tanya X @Mpok_Hanum dan mendapat jawaban dari pemilik akun X @febrinasugianto, "Rasanya selalu enak dan creamy, terus teksturnya intact gitu ga benyek/burai2 Kaa."

Di samping itu, beberapa warganet juga membagikan trik lain yang dianggap tak kalah ampuh mematangkan alpukat agar hasil daging buahnya bagus. Salah satunya dari warganet di akun X @irnanaa, yakni mendekatkan alpukat dengan buah lain.

foto: X/@irnanaa

"Tips dr mamake, yang masih mentah dibungkus pake kain lembab trus simpen di tempat lembab juga, kalau mamake disimpen dlm dandang bersih 3 hari matang deh bru masuk kulkas," timpal X @Aurigaenya1.

"klo sy suka ujungny d potong dikit trs di tutupin kertas ujung yg d potongny itu. hasilny selalu bagus," tulis X @anggraenime.