Brilio.net - Daging sapi tak cuma nikmat, tapi juga mengandung beragam manfaat. Dilansir dari healthline.com, daging merah seperti sapi umumnya kaya protein, zat besi, vitamin B12, zink, dan banyak lagi. Sejumlah nutrisi ini baik untuk mendukung jantung selalu sehat, meningkatkan massa otot, dan lainnya.

Daging sapi juga bisa diolah dengan berbagai teknik, seperti dipanggang, ditumis, direbus, dipresto, hingga digoreng. Namun, mengolah daging sapi agar empuk dan juicy sering menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Terutama buat kamu yang mengolah dengan cara digoreng. Jika tekniknya tidak tepat, daging sapi yang digoreng akan keras dan sulit untuk dinikmati.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa daging sapi harus direbus terlebih dahulu sebelum digoreng agar teksturnya menjadi lebih lunak. Cara ini mungkin berhasil, namun akan membutuhkan waktu lama sekaligus cepat menghabiskan stok gas.

Di sisi lain, ada trik sederhana yang bisa kamu coba tanpa harus merebus daging sapi terlebih dahulu, lho. Tepatnya dengan menambahkan satu bahan dapur. Pemilik akun Instagram @machelwie membagikan triknya.

foto: Instagram/@machelwie

Pertama, siapkan daging yang ingin kamu goreng. Nah, daging sapi ini ternyata tak perlu kamu cuci terlebih dahulu. Daging sapi cukup ditap-tap saja menggunakan tisu dapur. Kecuali jika kamu beli daging di pasar, maka perlu dicuci terlebih dahulu.

foto: Instagram/@machelwie

Langkah selanjutnya, potong daging sapi di atas talenan dengan pisau tajam. Perlu kamu perhatikan, pemotongan daging sapi ini harus melawan arah serat biar lebih mudah, ya.

foto: Instagram/@machelwie

Jika potongan daging sapi sudah siap, kini saatnya marinasi dengan bumbu. Kamu bisa marinasi daging sapi menggunakan 1 sdt kaldu jamur, 1 sdm kecap asin, dan 1 sdm saus tiram. Baru setelah itu, diamkan daging sapi selama 10-15 menit. Hal ini bertujuan agar bumbunya bisa meresap ke dalam daging sapi dengan baik.

foto: Instagram/@machelwie

Setelah didiamkan selama 10-15 menit, tambahkan 2 sdm minyak. Lalu campurkan daging dan minyak secara rata di dalam wadah menggunakan sarung tangan. Minyak ini sengaja diberikan di akhir agar bumbu bisa meresap terlebih dahulu.

foto: Instagram/@machelwie

Kemudian tambahkan 1 ½ sdm tepung maizena. Pastikan semua bagian daging terkena tepung maizena, ya. Tepung inilah yang membuat daging sapi yang akan kamu goreng menjadi juicy. Proses ini juga akan membuat serat daging menjadi lebih longgar, sehingga teksturnya kian empuk saat digoreng.

foto: Instagram/@machelwie

Nah, proses selanjutnya adalah penggorengan. Siapkan minyak di wajan dan tunggu hingga panas. Pastikan minyak sudah benar-benar panas sebelum memasukkan daging. Minyak yang panas akan membuat lapisan luar daging sapi jadi renyah dan dalamnya tetap juicy.

Setelah panas, masukkan adonan daging sapi itu ke wajan. Goreng selama 1 1/2 hingga 2 menit terlebih saja, jangan lupa bolak-balik daging sapi yang digoreng. Hal ini supaya daging yang kamu goreng tidak overcook maupun berbentuk seperti karet.

Setelah dimarinasi, daging sapi yang digoreng ini tak akan menimbulkan percikan minyak, lho. Jadi akan memudahkanmu selama proses menggoreng.

foto: Instagram/@machelwie

Ini dia perbedaan hasil daging sapi yang digoreng tanpa menggunakan teknik dan dengan teknik marinasi ini. Beda hasilnya, bukan?

Yup, daging yang telah dimarinasi tampak lebih cantik, mudah digoreng, dan memiliki tekstur juicy. Jadi, kamu tak perlu khawatir lagi saat ingin mengolah daging sapi goreng di rumah. Cara ini juga cocok untuk kamu terapkan ketika sedang mengolah daging saat Idul Adha, Idulfitri, atau momen lainnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Chelwie (@machelwie)