Brilio.net - Daging kambing bisa kamu jadikan menu alternatif saat sedang bosan dengan lauk yang itu-itu saja. Daging hewani satu ini juga identik dengan makanan untuk merayakan hari besar, seperti Idul Adha, akikah, pernikahan, dan lain sebagainya.

Namun, sudah jadi rahasia umum kalau daging kambing punya aroma prengus cukup menyengat kalau keliru saat mengolahnya. Bau prengus daging kambing berasal dari senyawa kimia bernama feromon. Feromon ini secara alami selalu ada pada tubuh kambing, terutama jantan, berfungsi untuk meningkatkan daya tarik di kalangan kambing betina.

Nah, salah satu solusi untuk menghilangkan bau prengus daging kambing ini bisa kamu coba pakai teknik melumurinya dengan air perasan jeruk nipis. Zat asam yang tinggi dari jeruk nipis diketahui ampuh mengusir bau tak sedap, seperti bau prengus daging kambing.

Tetapi, kalau kamu sedang nggak ingin atau nggak punya stok jeruk nipis di rumah, jangan khawatir dulu karena masih ada trik lain untuk usir bau prengus daging kambing. Trik ini dibagikan oleh warganet asal Malaysia di akun TikTok @daisyjiejie73, yakni cuma mengandalkan tiga bahan dapur.

"Jangan cuci dengan air, sebab bau dia tak akan hilang," tegas pemilik akun TikTok @daisyjiejie73, dikutip BrilioFood pada Rabu (12/6).

Trik emak-emak usir bau prengus daging kambing ini ampuh.

Sebelum memulai triknya, masukkan dulu semua potongan daging kambing ke dalam mangkuk. Campurkan daging kambing dengan tepung terigu, garam, dan cuka secukupnya, lalu aduk rata. Yup, itulah tiga bahan dapur utama untuk mempraktikkan trik usir bau prengus daging kambing ala emak-emak ini.

foto: TikTok/@daisyjiejie73

Usai diaduk, baru tambahkan air bersih hingga seluruh daging kambing terendam. Biarkan selama 5 menit, nantinya air rendamannya akan berubah jadi kemerahan, yang artinya sudah berhasil meluruhkan bau prengus pada daging kambing.

foto: TikTok/@daisyjiejie73

Setelah itu, bilas daging kambing dengan air mengalir 3 kali sampai benar-benar bersih. Jika sudah bersih, daging kambing siap dimasak jadi hidangan apapun sesuai selera.