Brilio.net - Sudah banyak restoran maupun warung yang menjual ayam krispi atau kerap disebut dengan ayam kentucky, salah satunya di KFC. Restoran siap saji tersebut menjual ayam goreng dengan balutan tepung bertekstur renyah dan keriting. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa banyak yang doyan dengan hidangan ini.

Namun, daripada jajan ayam KFC melulu, membuatnya sendiri di rumah bisa jadi solusi untuk mencegah dompet boncos, kan? Nah, sebelum membuatnya, kamu bisa mempelajari sejumlah trik memasaknya dulu supaya hasil adonan ayamnya bisa sama-sama keriting dan renyah seperti di KFC.

Salah satu triknya, kamu bisa menambahkan tepung beras ke racikan adonan. Tepung beras dipercaya bisa bikin tekstur adonan lebih krispi saat digoreng. Tetapi, kalau kamu nggak ingin pakai tepung beras, trik dari pengguna akun TikTok @bang.joy89 juga bisa dijadikan alternatif, nih.

Pria ini mengatakan, trik goreng ayam ala KFC yang biasa ia praktikkan ini bisa bikin adonannya keriting dan renyah bahkan sampai 12 jam, lho.

foto: TikTok/@bang.joy89

Sebelum masuk ke triknya, siapkan dulu wadah berisi tepung terigu protein sedang. Kemudian, campurkan tepung dengan bumbu biang. Pemilik akun TikTok @bang.joy89 meracik sendiri bumbu biangnya dari bawang putih bubuk, garam, merica, soda kue, paprika, penyedap rasa, onion atau bawang bombay bubuk, basil, dan oregano.

Aduk dulu hingga tepung dan bumbu biangnya tercampur rata. Selanjutnya, langsung masukkan potongan ayam ke dalamnya. Agar rasa daging ayam tidak hambar, kamu bisa menggunakan potongan ayam yang sudah dimarinasi dengan bumbu favorit masing-masing selama 1 malam di kulkas.

foto: TikTok/@bang.joy89

Campurkan ayam sambil diputar-putar agar tepungnya merata dan keriting saat menempel di permukaan ayam. Jika sudah, masukkan ayam ke dalam wadah berisi air matang. Ulangi proses menyelimuti ayam ke dalam tepung dan mencelupkannya di air satu kali lagi. Terakhir, baru baluri lagi ayamnya dengan adonan tepung.

foto: TikTok/@bang.joy89

Pengguna akun TikTok @bang.joy89 menjelaskan, kalau teknik penepungan tepat, hasil tekstur adonan yang menyelimuti ayam akan keriting seperti miliknya. Yup, teknik penepungan ayam dengan diputar-putar inilah jadi kunci supaya gorengan ayam bisa keriting dan renyah nantinya.

foto: TikTok/@bang.joy89

Setelah itu, siapkan minyak cukup banyak di dalam wajan dan panaskan di atas api kompor yang stabil. Atur api kompor masing-masing agar suhunya sampai di 150 derajat. Kalau minyak sudah sampai di suhu tersebut, artinya siap digunakan untuk menggoreng ayam.

foto: TikTok/@bang.joy89

Masukkan ayamnya satu per satu ke dalam minyak dan goreng sampai matang. Pemilik akun TikTok @bang.joy89 mengatakan, proses menggoreng bisa membutuhkan waktu kurang lebih 12 menit.

"Kalau panasnya pas, ayam langsung naik ke atas, jadi jangan kita goreng pakai minyak sedikit," tegas pemilik akun TikTok @bang.joy89, dikutip BrilioFood pada Selasa (16/7).

Gimana, sudah ngiler belum lihat ayam goreng buatan pengguna akun TikTok @bang.joy89 ini? Mengintip kolom komentar video yang sudah ditonton 82 ribu kali tersebut, tak sedikit warganet melemparkan pertanyaan antusias seputar trik ini, lho.

"biar warnanya ga merah habis nggoreng gimana bNg," tanya TikTok @Ruang ihtiara dan mendapat jawaban dari pemilik video, "minyak sering di saring ka biar ampas ke buang, goreng ayam dgn suhu 150" Celcius ka."

"jadi api nya kira kira sedang apa besar," sebut TikTok @Sadi Anto, lalu dibalas, "tergantung panas nya minyak, panas minyak yg stabil 150" Celcius goreng ayam nya 13-15 menit."

"bang kalo marinasi katanya baiknya semalaman, itu brati ayam dimasukan ke dalam kulkas?" imbuh TikTok @fi3a577 dan dibenarkan oleh pemilik video.