Usut punya usut, trik basmi kerak di tungku kompor agar glowing ala warganet bernama Nirmala ini hanya membutuhkan tiga bahan dapur. Pertama, lepaskan dulu tungku dari kompor dan letakkan di atas koran atau kardus bekas. Lalu, taburi bagian atas tungku dengan baking soda sampai rata. Selanjutnya, tuangkan cuka hingga menghasilkan reaksi kimia yakni busa.

Yup, cuka dan baking soda inilah yang jadi dua bahan dapur utama untuk melakukan trik basmi kerak di tungku kompor ini. Kalau sudah, sisihkan dan biarkan cuka dan baking soda bekerja untuk mengangkat noda membandel selama beberapa jam.

"Ini didiamkan kurang lebih 2 jam, ya," imbuh pemilik akun Instagram @nniirrmmaallaa, dikutip BrilioFood pada Selasa (20/2).

foto: Instagram/@nniirrmmaallaa

Usai didiamkan, lantas gosok tungku kompor menggunakan satu bahan dapur lagi, yakni sabun cuci piring yang dilarutkan dengan air secukupnya. Nirmala juga menjelaskan, supaya proses pembersihan lebih cepat, kamu juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis atau lemon ke racikan sabunnya.

Gosok tungku kompor menggunakan spons kasar atau sabut cuci piring sampai seluruh noda keraknya luntur. Nirmala juga sesekali mengikis kerak yang masih membandel pakai pisau, tapi cara ini harus dilakukan dengan hati-hati, ya. Terakhir, jika seluruh noda sudah hilang, langsung bilas tungku kompor, keringkan, dan siap digunakan kembali.

"Ya ampun, mau nangis dong, kotorannya sebanyak ini," cetusnya.

foto: Instagram/@nniirrmmaallaa

Gimana, gampang banget ya trik ala emak-emak untuk basmi kerak di tungku kompor agar glowing ini? Mengintip unggahan Instagram @nniirrmmaallaa yang sudah mendapat 2 juta viewers, tak sedikit warganet memberikan komentar antusias seputar trik ini, lho. Ada pula beberapa warganet membagikan trik lain.

"aku tim lgsg ganti beli baru ga telaten bersihin, btw makasih bun tipsnya ," tulis Instagram @putribee96 dan mendapat balasan dari pemilik video, "aku pernah beli bun, tapi bahannya Kw jadi pas masak malah kaya leleh gitu tungkunya jadi aku coba bersihin aja yg ini hehe .. semoga bermanfaat bun ."

"q nyoba bisa sih, tp blm se glowing itu sih, mau nyoba lg diulang," tutur Instagram @rizkayantie_ayuadiwijaya.

"baru banget kmrin buat fla pakai teflon kecil trus bluber jatoh jadi keras , susah pulak bersihkannya eh lewat postingan ini, membantu banget bun ," imbuh Instagram @resna.okt.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by @nniirrmmaallaa

 

Fungsi lain baking soda, ampuh hilangkan noda sampai bau.

Kamu nggak hanya bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan tungku kompor lho, melainkan juga barang dan area lain di sekitarmu:

Fungsi lain baking soda, ampuh hilangkan noda sampai bau.

Kamu nggak hanya bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan tungku kompor lho, melainkan juga barang dan area lain di sekitarmu:

1. Pembersih multiguna.

Baking soda dapat digunakan sebagai pembersih serbaguna untuk berbagai permukaan rumah, termasuk countertop, kran, bak mandi, dan toilet. Campurkan dengan air untuk membuat pasta pembersih yang efektif.

2. Menghilangkan bau.

Baking soda adalah agen penyerap bau yang baik. Tempatkan mangkuk kecil berisi baking soda di dalam lemari, kulkas, atau di dekat tempat sampah untuk menyerap bau tidak sedap.

3. Pembersih alami.

Baking soda adalah pembersih alami yang aman dan efektif untuk berbagai permukaan, termasuk permukaan dapur, kaca, dan keramik. Campurkan dengan air atau cuka untuk membuat pembersih yang efektif.

4. Pembersih pipa.

Baking soda dapat digunakan untuk membersihkan pipa dan saluran air. Campurkan dengan cuka untuk membantu menghilangkan kerak dan bau tidak sedap dari saluran pembuangan.

5. Pemutih pakaian.

Tambahkan baking soda ke deterjen cucian untuk membantu memutihkan pakaian dan menghilangkan noda yang sulit.

6. Pembersih sikat gigi.

Campurkan baking soda dengan sedikit air untuk membersihkan sikat gigi dan menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau.

7. Pembersih dan pengharum karpet.

Taburkan baking soda di atas karpet sebelum disedot untuk membantu menyerap bau tidak sedap dan membersihkan karpet.

8. Pembersih kaca dan cermin.

Campurkan baking soda dengan air untuk membuat pembersih kaca dan cermin yang efektif dan murah.

9. Penghilang noda.

Baking soda dapat digunakan untuk menghilangkan berbagai noda pada permukaan seperti karpet, sofa, dan bahan lainnya.

10. Pembersih alami untuk tubuh.

Baking soda dapat digunakan sebagai gosok gigi alami atau scrub tubuh untuk membersihkan dan menghilangkan kotoran dari kulit.