Brilio.net - Selada dengan tekstur renyah dan rasa segarnya menjadi salah satu lalapan favorit yang disukai banyak orang. Saat disantap dengan nasi ayam, nasi goreng, atau dijadikan salad segar, selada memberikan sentuhan kesegaran yang sempurna. Tidak hanya menambah warna dan rasa, selada juga kaya nutrisi untuk kesehatan. Tinggi serat, vitamin, dan mineral, mengonsumsi selada secara rutin dapat memberikan manfaat luar biasa bagi tubuh.

Sayangnya, tak banyak yang tahu kalau selada bisa dimasak, bukan sekadar dipakai untuk lalapan. Sama seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok @anakbungsubusrii. Warganet tersebut membuat selada jadi sup segar.

"Baru tahu kalau selada dijadikan sup bisa seenak ini, seger banget" ungkapnya.

foto: TikTok/@anakbungsubusrii

Dilansir BrilioFood dari TikTok @anakbungsubusrii pada Selasa (8/10), hal pertama yang harus dilakukan adalah mencuci selada. Setelah itu, rendam selada dalam air garam. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan sisa residu atau kotoran yang masih menempel.

foto: TikTok/@anakbungsubusrii

Sembari merendam selada dalam air garam, iris tipis 2 siung bawang putih untuk bumbu. Lalu tumis bawang putih menggunakan sedikit minyak. Jika sudah harum, tuang air dan tunggu mendidih.

foto: TikTok/@anakbungsubusrii

Setelah mendidih, tambahkan 2 sdt kecap asin, 1 sdt lada bubuk, 1/2 sdt garam, dan 1 sdm minyak wijen. Aduk-aduk terlebih dahulu, lalu masukkan juga penyedap rasa. Barulah kemudian masukkan selada yang sudah direndam dan ditiriskan.

foto: TikTok/@anakbungsubusrii

Sesaat setelah memasukkan selada, cukup tekan-tekan sedikit sampai terendam. Lalu masak sebentar agar layu. Setelah itu, sajikan sup selada ini dengan taburan bawang goreng. Nah, kamu bisa langsung menyantap sup selada ini dengan nasi putih hangat dan lauk.

"Ini rasanya enak banget, guys, segar dan gurih," papar TikTok @anakbungsubusrii.