Trik merebus kacang hijau agar empuk.

Pertama, cuci bersih kacang hijau, kemudian rendam di dalam wadah berisi air selama 1 malam penuh. Yup, proses merendam inilah kunci supaya kacang hijau tak perlu lama-lama direbus nantinya. Keesokan harinya, buang air rendaman dan cuci kacang hijau satu kali lagi dengan air bersih.

foto: TikTok/@rd_amran

Setelah itu, baru rebus kacang hijau di dalam air mendidih. Campurkan kacang hijau dengan bahan-bahan seperti daun pandan, santan, dan garam sesuai selera. Tetapi, pastikan kamu memasukkan gula di pertengahan atau akhir proses merebus, ya. Karena gula disebut-sebut bikin kacang hijau sulit empuk.

"Jangan menambahkan gula sembarangan, kacang hijau tidak akan merekah jika ditambah gula saat dimasak sehingga kacang hijau sulit untuk empuk, gula boleh ditambahkan saat kacang hijau sudah merekah," tegas pemilik akun TikTok @rd_amran, dikutip BrilioFood pada Selasa (5/3).

foto: TikTok/@rd_amran

Tak sampai situ saja, teknik merebus kacang hijau juga harus diatur. Pemilik akun TikTok @rd_amran menjelaskan, kamu bisa menggunakan metode 7:30:7. Lebih tepatnya, kacang hijau direbus 7 menit, didiamkan 30 menit dalam keadaan api kompor mati, lalu rebus kembali selama 7 menit. Jadi, total proses merebus hanya membutuhkan waktu 14 menit saja.

foto: TikTok/@rd_amran

Gimana, trik merebus kacang hijau ini nggak bikin boros gas kompor, kan? Mengintip unggahan TikTok @rd_amran, memang belum terdapat komentar dari warganet, tapi video ini sudah mendapat antusias lebih dari 3.000 viewers, lho.

 

Cara jitu menyimpan kacang hijau.

Stok kacang hijau di dapur harus disimpan dengan baik supaya tetap berkualitas dan tak mudah berjamur. Beberapa cara menyimpan di bawah ini bisa membantu stok kacang hijaumu lebih awet, nih.

1. Pastikan kering.

Sebelum menyimpan kacang hijau, pastikan mereka benar-benar kering. Kacang yang lembap atau basah cenderung lebih rentan terhadap pertumbuhan jamur. Pastikan untuk mengeringkan kacang hijau sepenuhnya setelah mencucinya.

2. Simpan dalam wadah yang rapat.

Simpan kacang hijau dalam wadah yang kedap udara dan rapat. Wadah plastik atau kaca dengan penutup yang rapat biasanya lebih baik daripada kantong plastik yang terbuka.

3. Hindari kelembapan.

Pastikan tempat penyimpanan kacang hijaumu terlindung dari kelembapan. Jauhkan dari tempat yang lembap seperti dapur yang terkena uap air atau tempat penyimpanan yang basah.

4. Simpan di tempat sejuk dan gelap.

Simpan kacang hijau di tempat yang sejuk dan gelap, seperti lemari atau tempat penyimpanan yang tidak terkena sinar matahari langsung. Suhu dan cahaya yang tinggi dapat meningkatkan risiko pertumbuhan jamur.

5. Periksa secara berkala.

Periksa kacang hijau secara berkala untuk memastikan tidak ada tanda-tanda pertumbuhan jamur atau kelembapan yang berlebihan. Jika kamu menemukan kacang yang basah atau jamur mulai tumbuh, segera buang bagian yang terkontaminasi dan simpan kembali kacang hijau yang tersisa dalam wadah yang bersih dan kering.