Brilio.net - Hampir semua orang sepertinya doyan menyantap makanan manis, apalagi donat, kue, es krim, dan lainnya. Namun, mengonsumsi makanan manis tanpa dikontrol, berisiko menyebabkan permasalahan kesehatan. Hal ini juga dijelaskan oleh pengguna akun TikTok @mantanobesitas.

Pria yang akrab disapa Fikri ini mengaku dulunya sempat memiliki berat badan berlebih atau obesitas karena belum tahu cara mengatur pola makan yang tepat, terutama makanan manis. Kini, konten kreator satu ini sudah mengubah gaya hidupnya jadi lebih sehat, sehingga tubuhnya tak lagi obesitas.

foto: TikTok/@mantanobesitas

Fikri menjelaskan, mengonsumsi makanan manis seharusnya dikurangi. Tetapi, kadang-kadang tubuh membutuhkan energi dari gula di waktu tertentu, sehingga makanan manis masih bisa dikonsumsi. Nah, agar tidak mengganggu kesehatan, Fikri mengatakan ada waktu terbaik untuk mengonsumsi makanan manis, nih.

"Sebelumnya disclaimer dulu bahwa saya tidak menyarankan anda konsumsi gula atau makanan manis ya. Tapi kalau berbicara kapan mengonsumsi makanan manis, setidaknya ada 3 waktu," tuturnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @mantanobesitas pada Rabu (14/8).

foto: TikTok/@mantanobesitas

Waktu pertama, makanan manis bisa disantap sebelum olahraga. Jadi, gula yang masuk ke dalam tubuh bisa dialihkan menjadi energi saat berolahraga. Dilansir dari clifbar.com, gula akan cepat menyerap ke tubuh dan masuk ke otot untuk jadi bahan bakar.

Nah, selanjutnya, waktu terbaik yang kedua untuk mengonsumsi makanan manis yakni setelah berolahraga. Pemilik akun TikTok @mantanobesitas menjelaskan, setelah tubuh mengalami stres usai berolahraga, terutama olahraga berat seperti kardio dan angkat berat, makanan manis bisa jadi solusi untuk mengembalikan energi yang hilang.

"Tubuh anda stres, misalnya habis lari puluhan kilometer, habis latihan beban, konsumsi gula, anda pun secara psikologi tidak akan merasa bersalah," tutur Fikri.

Namun, dilansir dari 1stphorm.com, makanan manis yang dikonsumsi sebelum ataupun setelah olahraga sebaiknya secukupnya saja, sehingga kalori yang masuk ke tubuh juga tak berlebihan.

foto: TikTok/@mantanobesitas

Terakhir, waktu terbaik ketiga untuk mengonsumsi makanan manis yakni setelah kamu makan hidangan berat. Jadi, makanan manis tersebut dijadikan dessert. Hal ini bertujuan untuk mencegah konsumsi makanan manis secara berlebihan karena kondisi perutmu sudah kenyang.

Dilansir dari indianexpress.com, makanan manis yang disantap saat perut kosong bukan hanya berisiko membuatmu mengonsumsinya berlebihan, tapi juga dapat menyebabkan resistensi insulin, metabolisme tubuh terganggu, atau permasalahan kesehatan lainnya.

Gimana, mulai sekarang kamu sudah tahu kan pentingnya mengatur waktu saat ingin mengonsumsi makanan manis?

Mengintip unggahan TikTok @mantanobesitas yang sudah ditonton 314 ribu kali, tak sedikit warganet yang membagikan pengalaman masing-masing soal konsumsi makanan manis, nih.

"mungkin alasan itu juga kalo dessert tuh dikasih terakhir ," sebut TikTok @Veri.

"bener bgtaku sering pas lagi laper kayak craving sugar gitu tapi pas dialihkan ke makan utama dulu abis itu ilang selera buat makan yg manis," ungkap TikTok @Assefa.

"gua pernah gadoin coklat delfi almond pas perut kosomg blom makan nasi dr pagi ampe sore eh aslam sakit gilak perut gua," tutur TikTok @jangankepo.