Kunyit termasuk rempah yang kerap dijadikan bahan dasar pembuatan jamu karena manfaatnya melimpah. Dilansir dari hopkinsmedicine.org, kunyit bisa membantu mengatasi peradangan, radang sendi, hingga menyeimbangkan kolesterol dalam darah.

Kunyit biasanya akan dihaluskan terlebih dahulu. Ada pula yang memilih memarut kunyit agar lebih hemat waktu. Nah, memarut kunyit akan membuat teksturnya lebih halus dan mudah dicampur dengan bahan-bahan lain.

Sayangnya, sering memarut kunyit akan meninggalkan noda pada parutan. Alat parutan akan mulai menguning dan kotor. Jika tidak dihilangkan dengan cepat, noda kunyit bisa menumpuk dan berubah jadi kerak yang semakin sulit dibersihkan.

Jangan khawatir dulu, kerak kunyit di parutan ini tetap bisa dihilangkan. Seorang pengguna Instagram @official.jamuyuk pernah membagikan trik ampuh menghilangkan kerak kunyit di parutan. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan satu bahan sederhana.

 

 

Instagram/@official.jamuyuk

Dilansir BrilioFood dari Instagram @official.jamuyuk pada Senin (5/8), bahan sederhana yang dimaksud adalah pasta gigi atau odol. Nah, cara pakainya pun mudah, cukup oleskan pasta gigi ke seluruh bagian parutan yang kuning dan berkerak. Lakukan proses ini secara hati-hati agar tangan tidak tergores, ya.

Instagram/@official.jamuyuk

Jika parutan sudah diolesi pasta gigi secara merata, diamkan dulu selama kurang lebih 20 menit agar pasta giginya meresap ke dalam kerak. Barulah basahi parutan dengan sedikit air, gosok-gosok menggunakan sikat gigi bekas sampai nodanya benar-benar hilang.

Instagram/@official.jamuyuk

Nah, parutan yang sudah digosok ini bisa langsung dibilas dengan air mengalir. Jika dirasa masih ada noda yang menempel, kamu bisa mengoleskan pasta gigi lagi. Lalu gosok parutan dengan sikat dan bilas kembali sampai bersih. Dengan begitu, parutan jadi kembali kinclong dan tentunya lebih nyaman digunakan.

Instagram/@official.jamuyuk

Pada dasarnya, pasta gigi mengandung bahan abrasif ringan seperti silika, kalsium karbonat, atau aluminium oksida. Bahan-bahan ini membantu mengikis noda kunyit yang menempel pada permukaan parutan tanpa merusaknya. Sifat abrasif ini juga efektif untuk mengangkat noda membandel dari celah-celah kecil di parutan.