Brilio.net - Penggemar Mixue berasal dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa. Pasalnya, bisnis kuliner asal China ini menjual aneka es krim sampai minuman manis dengan harga relatif terjangkau. Ditambah lagi, peralatan makan seperti sendok dari Mixue ini disukai oleh banyak orang.

Sendok Mixue umumnya terbuat dari plastik berwarna merah. Selain penampilan sendoknya yang menarik, bentuk sendok Mixue juga dianggap nyaman untuk digunakan, sehingga sejumlah orang memilih menyimpannya di rumah, terutama di kalangan emak-emak untuk digunakan kembali. Emak-emak ini biasa menggunakannya untuk menyuapi anak hingga difungsikan sebagai sendok bumbu.

foto: TikTok/@whiznew

Salah seorang pengguna akun TikTok @whiznew yang berprofesi sebagai pegawai Mixue sempat membagikan unggahan membahas sendok satu ini. Di kolom komentar videonya, tak sedikit ibu-ibu mengaku sendok Mixue sangat berguna baik untuk makan sampai mengelola bahan masakan di dapur.

"anak gua pake sendok mixue makan lancar jaya, mangap gede gak dilepeh. GIMANA DONG BUIBUKKK," tutur TikTok @MomOfTwo.

"Sendok mixue selusin dirumah, nyetok buat sendok gula garam," ungkap TikTok @xyzabcdefghh.

"dirumah udah banyak bgt sendok mixue ," sebut TikTok @weed.aaay.

foto: TikTok/@whiznew

Meskipun banyak orang suka dengan sendok Mixue, pemilik akun TikTok @whiznew menjelaskan kalau alat makan tersebut sebaiknya tidak digunakan berulang. Pasalnya, sendok Mixue terbuat dari polistirena (PS) atau plastik dengan kode nomor 6.

Dilansir dari plasticsoupfoundation.org, sendok atau alat makan lain yang terbuat dari plastik berkode nomor 6 ini dirancang untuk digunakan satu kali saja, bukan berkali-kali, karena bahan baku pembuatannya berisiko melepaskan bahan kimia berbahaya.

foto: TikTok/@whiznew

Bahan kimia yang bisa dilepaskan oleh bahan polistirena ini dikenal dengan nama stirena. Dilansir dari toxicfreefuture.org, stirena yang masuk ke dalam tubuh berisiko menyebabkan kanker, permasalahan mata dan pendengaran, gangguan konsentrasi, permasalahan sistem saraf, dan masih banyak lagi.

foto: TikTok/@whiznew

Pengguna akun TikTok @whiznew akrab disapa Whisnu inipun memberikan alternatif lain buat yang masih suka menyimpan sendok Mixue di rumah. Menurutnya, alih-alih digunakan kembali untuk makan, sendok Mixue bisa disulap jadi kerajinan ataupun hiasan rumah saja, dengan begitu, stok sendok Mixue di rumah nggak hanya jadi tumpukan barang bekas saja.

Sejak diunggah pada Sabtu (6/7) kemarin, video seputar sendok Mixue milik Whisnu di akun TikTok @whiznew inipun menuai banyak perhatian dari warganet. Selain sudah ditonton 465 ribu kali, tak sedikit warganet yang kagum dan terinspirasi dengan penjelasan pegawai Mixue satu ini.

"pihak mixue mas whisnu ini layak dapat promosi jabatan loh, soalnya dia bantu edukasi hal yg keliatannya sepele padahal point-nya tepat. ," tulis pemilik akun TikTok @icfr di kolom komentar.

"Mass videonya simple tp informatif bgt, makasih ya!!!" seru TikTok @chainiya.

"kebetulan lg makan skrg pake sendok mixue, langsung tak ganti," timpal TikTok @Zhafira F Iskandar.