Brilio.net - Semenjak menikah, Erina Gudono semakin sering membuat berbagai macam masakan di dapur. Istri Kaesang Pangarep ini bahkan kerap membuat aneka makanan untuk sang suami. Mulai dari makanan berat, hingga camilan dan dessert dibuat sendiri.

Aktivitasnya saat memasak sering kali diunggah di Instagram Stories @erinagudono. Di antara berbagai macam masakan, Erina Gudono pernah membagikan resep sekaligus cara membuat nastar. Bukan sembarang nastar, dia membuat nastar premium yang tampak begitu glowing dan mulus.

Membuat nastar premium yang mulus memang perlu beberapa trik khusus. Tak hanya menyiapkan bahan, teknik membuat adonan nastarnya juga perlu diperhatikan. Karena jika tidak, hasil nastar akan mudah pecah dan bahkan seret di tenggorokan saat disantap.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @erinagudono pada Selasa (15/10), selai nastar yang digunakan juga dibuat sendiri oleh Erina Gudono. Bahkan siapa sangka, dia hanya mengandalkan rice cooker saat hendak membuat selai nanas untuk isian nastarnya. Penasaran bagaimana cara membuatnya?

Pertama-tama, buat dulu selai nanasnya dari 1 kg buah nanas, 200 gram gula pasir, 5 cm kayu manis dan 5 buah cengkeh. Tambahkan kayu manis dan cengkeh ini akan membuat selai jadi semakin sedap, lho. Jadi rasanya pun nggak terlalu eneg.

foto: Instagram/@erinagudono

Langkah pertama, parut nanas dengan parutan keju agar masih ada tekstur nanasnya. Lalu masukkan ke dalam panci rice cooker dan nyalakan tombol 'cook'. Masak sekitar 30-40 menit sampai air pada nanas habis.

Barulah kemudian masukkan bahan lain seperti gula, kayu manis, dan cengkeh. Diamkan beberapa saat, lalu baru tekan lagi tombok 'cook'. Biarkan tombolnya mati (beralih ke warm). Ulangi sekitar 2 kali dan jangan lupa diaduk supaya tidak gosong.

"Sampai kuah bener-bener set. Masih ada sedikit lengket-lengket gula," kata Erina.

Nah, jika sudah matang, matikan rice cooker. Lalu dinginkan selai nanas ini. Sembari menunggu dingin, buat adonan untuk nastarnya.

foto: Instagram/@erinagudono

Untuk membuat nastar premium yang lumer, lembut, dan mulus, Erina menggunakan 150 gram butter wijsman, 100 gram margarin, 90 gram gula halus, 250 gram tepung kunci biru, 150 gram tepung maizena, 100 gram susu bubuk, 3 kuning telur, dan 1/4 sdt vanili. Siapkan juga bahan olesan dari 2 kuning telur omega, 1 sdt minyak, dan 1 sdt madu.

Nah, campuran inilah yang akan membuat permukaan nastar jadi glowing dan tampak mulus nantinya. Selanjutnya, ambil tepung dan kukus terlebih dahulu. Kemudian ayak atau saring halus. Hal ini penting dilakukan supaya hasil nastar nggak seret saat dikonsumsi dan lebih tahan lama.

foto: Instagram/@erinagudono

Kemudian aduk margarin, butter, dan gula halus dalam satu wadah. Jika hendak menggunakan mixer, sebaiknya jangan terlalu lama supaya nastar tidak luber saat dipanggang. Setelah itu, masukkan susu bubuk dan bahan tepung, aduk rata dan ulen sebentar sampai adonan bisa dipulung.

Jika sudah, bentuk nastar sesuai selera. Namun kamu bisa meniru metode yang digunakan Erina Gudono dengan menimbang setiap adonan nastar per 10 gram agar sama rata. Setelah itu, pipihkan dan isi dengan selai nanas secukupnya.

Selanjutnya, tata nastar di pan untuk dioven. Panaskan dulu ovennya supaya merata. Barulah kemudian masukkan nastar ke dalam oven dan panggang sekitar 150 derajat celcius selama 20 menit.

foto: Instagram/@erinagudono

Setelah 20 menit, keluarkan dari oven. Lalu oles permukaan nastar dengan kuning telur tadi. Oles semua nastar sampai habis dan tunggu sebentar hingga olesannya set. Kemudian oles lagi berulang hingga dua lapis olesan.

Jika sudah, panggang nastar lagi di suhu 120 derajat celcius selama 15-20 menit atau sampai matang. Nah, nastar yang sudah matang bisa langsung diangkat. Tampilannya yang glowing dan mulus bikin nastar semakin menggugah selera.

"Ini resep buat kali yang baru pertama kali bikin nastar jadi lumayan lebih dari ekspektasi dan relatif nggak sulit," jelas Erina Gudono.