Brilio.net - Sudah jadi rahasia umum kalau beberapa alat elektronik di rumah bikin boros listrik, termasuk kulkas. Hal ini dijelaskan pula oleh pengguna akun YouTube Abang electronic. Pemilik kanal YouTube tersebut menjelaskan, kamu bisa mengecek beban listrik kulkas dengan alat bernama meter socket.

Pemilik akun YouTube Abang electronic juga menjelaskan, kondisi kulkas yang baru disambungkan ke listrik biasanya membutuhkan watt cukup tinggi, yaitu sekitar 424 watt. Namun, usai kulkas terus dinyalakan 5 menit, beban listriknya akan turun dan stabil di 120 watt.

foto: YouTube/Abang electronic

Usut punya usut, jika kulkas terus dinyalakan selama 24 jam atau satu hari penuh dalam sebulan, biaya listrik yang harus dibayar bisa sampai Rp116.000-an. Biaya tersebut pastinya akan bertambah jika kamu juga menggunakan alat elektronik lain.

foto: YouTube/ListrikQu

Nah, ternyata ada satu alat elektronik lain yang juga berisiko membuat penggunaan listrik di rumahmu boros, yaitu rice cooker atau magic com. Pengguna akun YouTube lainnya, ListrikQu menampilkan cara mengecek beban listrik pada rice cooker dengan meter socket.

Hasilnya menunjukkan, jika rice cooker atau magic com yang digunakan selama 24 jam, tenaga listrik yang dibutuhkan terhitung sekitar 1.451 KWh. Nah, kalau listrik di rumahmu menggunakan meteran 900 VA, listrik yang harus dibayar per harinya sekitar Rp1.886. Sementara untuk meteran 1300 VA, biayanya sekitar Rp2.128 per hari.

"Apakah biaya ini mahal? Tentu saja, karena biaya yang 1 hari tadi kalau kita hitung sampai satu bulan atau kita kali dengan 30 hari, maka hasilnya seperti yang kalian lihat saat ini, mahal, kan?" jelas pemilik akun YouTube ListrikQu, dikutip BrilioFood pada Kamis (8/8).

foto: YouTube/Harun Service

Nah, meskipun tenaga listrik yang dibutuhkan untuk menyalakan rice cooker atau magic com cukup besar, kamu nggak perlu khawatir dulu, karena ada sejumlah cara menghemat tagihan yang bisa kamu praktikkan di rumah. Seperti yang dibagikan pemilik akun YouTube Harun Service.

Untuk mempraktikkan cara ini, kamu perlu satu alat khusus penghemat listrik yang dijual di toko elektronik atau e-commerce. Pastikan kamu menggunakan alat penghemat listrik 25 mikro 450 volt. Alat ini nantinya akan disambungkan pada kabel pada stop kontak yang akan dipakai menyalurkan listrik pada rice cooker atau magic com.

foto: YouTube/Fabian Channel

Di samping itu, buat menghemat tagihan listrik, kamu juga bisa mempraktikkannya lewat cara masak. Jadi, alih-alih menanak nasi langsung di dalam rice cooker atau magic com, kamu bisa merebus beras dengan kompor terlebih dahulu sampai airnya mendidih. Usai mendidih, baru lanjutkan proses menanak nasi dengan rice cooker atau magic com.

"Kalau pakai magic com dari kondisi dingin sampai mendidih itu 20 menit. Jadi dengan cara ini kita hanya butuh waktu 7 sampai 13 menit saja, jadi hemat waktu dan listrik," jelas pengguna akun YouTube Fabian Channel.