Brilio.net - Tomat dapat dikonsumsi langsung dalam bentuk segar atau dijadikan campuran masakan. Kalau mau dimasak, biasanya tomat dimasukkan ke dalam tumis sayur atau diblender jadi sambal.

Mengonsumsi tomat juga diketahui sangat bermanfaat buat tubuh, lho. Dilansir dari webmd.com, tomat kaya vitamin dan mineral yang bisa mengatasi inflamasi, meningkatkan imun tubuh, menurunkan kolesterol jahat, dan lain sebagainya. Bahkan, tak jarang orang-orang mengonsumsi tomat untuk meningkatkan kecantikan dari dalam, lho.

Buat kamu yang gemar menyimpan stok tomat di rumah, sebaiknya ketahui dulu trik menyimpannya, nih. Pasalnya, kalau belum tahu trik menyimpan tomat, buah satu ini bisa cepat membusuk, lho. Nah, banyak orang memilih menyimpan tomat di kulkas, padahal trik ini berisiko membuat tomat cepat rusak, lho.

Dilansir dari marthastewart.com, tomat mengandung enzim yang akan bereaksi saat bertemu dengan suhu rendah atau dingin. Jika dibiarkan di tempat dingin seperti kulkas, sel membran pada tomat akan cepat rusak, sehingga buh tersebut akan berair dan busuk.

Hal ini juga dijelaskan oleh seorang warganet lewat unggahan di akun YouTube pribadinya, Dapur Emak Benjamin di Jerman. Wanita ini menuturkan, alih-alih memasukkannya ke dalam kulkas, ia punya trik lain buat menyimpan tomat supaya bisa tahan sampai 1 bulan.

"Sebaiknya enggak disimpan di kulkas, karena dia termasuk tanaman tropis nih, lebih bagus kalau disimpan di suhu ruang atau normal. Kalau disimpan di kulkas, dia cepat matang dan rasanya hambar," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Dapur Emak Benjamin di Jerman pada Senin (20/5).