Brilio.net - Nasi sudah menjadi salah satu makanan pokok mayoritas masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, menanak nasi jadi kegiatan wajib setiap hari. Biasanya, sebagian besar orang akan menanak nasi menggunakan rice cooker, penanak nasi otomatis yang memanfaatkan daya listrik.

Beras yang dimasak dengan rice cooker memang menghasilkan nasi yang memuaskan. Tak hanya matang sempurna, nasi juga jadi lebih pulen dan nggak gosong. Selain itu, penggunaannya juga praktis dan cepat, sehingga alat ini selalu diandalkan.

Namun tahu nggak? Ternyata nasi yang dihasilkan rice cooker nggak selalu aman dikonsumsi, lho. Seorang pria bernama Rifky pernah membuktikan hal tersebut. Melalui salah satu video yang diunggah di akun TikTok @muhammadrifky372, dia menunjukan nasi yang dimasak di rice cooker ternyata bisa nyetrum.

Hal ini bermula ketika Rifky mencoba menggunakan alat pendeteksi listrik yang berbentuk seperti obeng. Nah, alat bernama tespen ini memang bisa mendeteksi tegangan listrik dengan cara menempelkan ujung besinya ke permukaan benda. Saat lampu di bagian tengah alat menyala berwarna merah, berarti permukaan benda tersebut memiliki tegangan listrik.

foto: TikTok/@muhammadrifky372

Dilansir BrilioFood dari TikTok @muhammadrifky372 pada Kamis (8/8), pria ini mengaku iseng menempelkan alat tersebut ke beberapa permukaan benda, seperti colokan listrik. Saat ditempel ujungnya, lampu merah di alat tersebut menyala terang. Fenomena ini wajar karena colokan listrik pasti mengalirkan listrik.

foto: TikTok/@muhammadrifky372

Namun sesaat setelahnya, dia mencoba menempelkan ujung alat tersebut ke nasi yang sudah matang di dalam rice cooker. Siapa sangka, alat tersebut tetap menyala terang. Hal ini menandakan bahwa nasi di rice cooker dialiri oleh listrik.

Meski cukup kaget, namun Rifky memberikan penjelasan lebih lanjut tentang fenomena tersebut. Dia mengaku bahwa pada umumnya rice cooker atau alat pemanas yang menggunakan listrik memiliki aliran listrik seperti dalam video tersebut. Namun hal ini ternyata wajar dan tidak berbahaya bagi makanan, terlebih jika dikonsumsi.

"Tapi alangkah baiknya kalau kalian pasang grounding pada stop kontak kalian kalau gak mau nasinya bisa nyalain testpen," ungkap Rifky.

foto: TikTok/@handyhadi2

Selain memasang grounding atau penahan listrik di stop kontak, ternyata ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Seorang pengguna TikTok lain bernama Hadi pernah membagikannya. Melalui akun TikTok @handyhadi2, dia mengaku bahwa salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membongkar rice cooker.

Dalam video yang diunggah, Hadi tampak membongkar komponen bagian bawah rice cooker. Mulanya dia mengira ada kabel yang lepas atau mengelupas, ternyata bagian bawah rice cooker terdapat cicak yang sudah mati dan mengering. Hal inilah yang membuat tegangan listrik tidak lancar dan justru mengalir ke nasi.

foto: TikTok/@handyhadi2

Saya kira kabelnya yang lepas atau mengelupas,, saya buka aja, ternyata ada bangkai cicak yang sudah mengering. makanya body casingnya jadi terhubung ke body pemanasnya,, jadi ada aliran listrik," terang TikTok @handyhadi2.

Sesaat setelah diperbaiki, dia pun mencoba menempelkan tespen atau alat pendeteksi listrik ke nasi yang matang di rice cooker. Benar saja, tespen tersebut tidak menyala. Hal ini menandakan bahwa sudah tidak ada aliran listrik di nasi tersebut.