Brilio.net - Zaman sekarang, makanan yang dijual di pasaran harganya terus mengalami kenaikan. Biasanya, satu porsi menu komplet di warung-warung dipatok harga mulai dari Rp10.000 sampai Rp20.000-an. Di sisi lain, makanan di rumah makan atau restoran yang lebih besar juga punya harga lebih tinggi lagi.

Namun, warganet di akun TikTok @putri.ayu.sholekhah punya pengalaman berbeda, nih. Lewat sebuah unggahan video, pria ini mengatakan, ia bisa beli makan sampai 3 kali dalam sehari hanya bermodalkan Rp5.000 saja. Pasti kamu penasaran, kok bisa sih modal Rp5.000 digunakan untuk beli beberapa menu?

foto: TikTok/@putri.ayu.sholekhah

Pengguna akun TikTok @putri.ayu.sholekhah menjelaskan, ia berdomisili di Sragen, yakni kabupaten di wilayah Solo Raya, Jawa Tengah. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Sragen termasuk dalam 10 wilayah Indonesia dengan UMK terendah.

Usut punya usut, Sragen memiliki UMK sebesar Rp2.049.000. Hal ini pula yang membuat biaya hidup di Sragen juga cenderung rendah dibanding kebanyakan wilayah di Indonesia.

Lantas, penasaran apa saja yang bisa dibeli oleh pemilik akun TikTok @putri.ayu.sholekhah dengan modal Rp5.000?

foto: TikTok/@putri.ayu.sholekhah

Buat sarapan, pria di akun TikTok @putri.ayu.sholekhah membeli semangkuk bubur di salah seorang pedagang kaki lima. Hidangan tersebut mirip dengan bubur pada umumnya, dilengkapi topping ayam, kacang, seledri, kuah, serta kerupuk. Harga 1 porsi bubur ini disebut Rp2.000 saja.

foto: TikTok/@putri.ayu.sholekhah

Selanjutnya, ia membeli soto untuk makan siang dengan modal Rp1.000 saja. Soto tersebut juga dilengkapi ayam suwir. Porsi soto tersebut memang terbilang cukup kecil untuk mengganjal perut saat lapar di siang bolong, tapi sepadan dengan harganya.

foto: TikTok/@putri.ayu.sholekhah

Menu makanan terakhir yang dibeli pemilik akun TikTok @putri.ayu.sholekhah bermodalkan Rp2.000. Kali ini ia membeli nasi kucing yang sudah dilengkapi dengan lauk oseng-oseng ikan teri.

Mengintip video milik TikTok @putri.ayu.sholekhah yang sudah ditonton 680 ribu kali, tak sedikit warganet yang mengaku heran dengan modal makan super murah ini.

"kaget bubur 2000, lebih kaget lagi soto 1000 ," ungkap TikTok @Alvin fachturahman.

"d bali 2rb cm buat bayar parkir," sebut TikTok @ .

"penjualnya untungnya dr mana," tulis TikTok @DeviaLova.

Di samping itu, ada pula beberapa warganet yang pernah tinggal di Sragen dan membenarkan fakta murahnya modal makan di lokasi tersebut.

"sragen emang murah woy kalau soal makanan karena rata rata masih produksi sendiri beras dll nya ," tutur TikTok @aurora.

"dlu kkn disragen dan kaget bgt krn emg semurah itu mkanannya pls," imbuh TikTok @srsrsry.

"bener banget njir, istri saya orang Sragen, pas pulang ke sragen, jajan terus," timpal TikTok @HAMBA ALLAH SWT.