Pertama-tama, siapkan sejumlah bumbu rempah sebagai penambah rasa nikmat dan wangi olahan sup nantinya, yang pertama bawang merah iris. Goreng bawang merah tersebut menggunakan minyak secukupnya sampai kecokelatan. Gorengan ini nanti bisa dipakai sebagai taburan maupun dicampur langsung pada kuah kaldu saat dimasak.

Selanjutnya, masih menggunakan minyak yang sama untuk menggoreng bawang merah, tumis bawang putih cincang yang sudah dicampurkan dengan lada secukupnya. Kalau sudah wangi, baru masukkan daun bawang dan tumis kembali sampai bawang putih terlihat sedikit kecokelatan. Langsung tuangkan air cukup banyak untuk dijadikan kuah.

foto: YouTube/Sasa Suratman

Sembari merebus kuah dan bumbu rempah, rebus pula potongan daging ayam yang sudah dicuci bersih di panci terpisah. Rebus sebentar hingga airnya terlihat keruh, baru tiriskan dan buang airnya. Usut punya usut, warna keruh di air rebusan ayam ini berasal dari ekstrak ayam, lemak, dan kotoran yang masih tertinggal. Jika sudah dipisahkan dari air rebusan pertama, semua potongan ayam bisa dimasukkan ke air rebusan bumbu.

"Seperti ini cukup, ini akan aku buang airnya, masukkan ayam yang sudah direbus kurang dari 1 menit (ke air rebusan bumbu)," jelas Sasa, dikutip BrilioFood dari YouTube Sasa Suratman pada Jumat (16/6).

foto: YouTube/Sasa Suratman

Sembari menunggu daging ayam matang, jika ingin menggunakan kentang sebagai salah satu isian sayur, kentang harus direbus terlebih dahulu secara terpisah. Selain karena kentang membutuhkan waktu cukup lama agar empuk, kentang juga bisa menyebabkan sup jadi keruh, lho.

Setelah kentang direbus, baru tiriskan dan campurkan ke sup ayam kampung yang tengah direbus. Campurkan juga jenis sayuran lain sesuai selera seperti wortel, tahu, tomat, dan lainnya. Jangan lupa memberi tambahan bumbu seperti garam, lada, gula, serta penyedap rasa.

foto: YouTube/Sasa Suratman

Kemudian, kalau ayam dan semua isi sayurannya sudah empuk serta telah dikoreksi rasa, sup ayam kampung siap dihidangkan. Dijamin, kuah kaldunya tetap gurih meskipun bening. Gimana, penasaran ingin membuatnya di rumah?

Mengintip unggahan milik YouTube Sasa Suratman seputar sup ayam kampung, kolom komentarnya memang belum mendapat respons dari warganet. Tetapi, sejak dibagikan pada 2022 lalu, video ini sudah ditonton lebih dari seribu kali, lho.