Brilio.net - Perabot dapur yang berusia tahunan biasanya akan mengalami perubahan penampilan. Misalnya saja lemari dapur. Perabot satu ini bisa jadi kusam dan buram, khususnya di bagian kacanya. Penumpukan debu dan kotoran menjadi salah satu penyebab utama kaca lemari dapur jadi buram.

Jika kondisinya sudah seperti itu, sabun saja tidak benar-benar ampuh menghilangkan debunya. Bukan tanpa sebab, debu dan kotoran yang menempel umumnya sudah mengerak, sehingga sulit dibersihkan. Oleh sebab itu, butuh bahan khusus untuk mengembalikan tampilan kaca lemari dapur agar kinclong dan bening lagi.

Membersihkan kaca lemari buram biar kembali bening.

Beruntungnya, seorang pengguna Instagram @hamper.interior pernah membagikan trik sederhana dalam membersihkan kaca lemari dapur yang buram. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya mengandalkan dua bahan sederhana. Dilansir BrilioFood pada Selasa (24/6), bahan sederhana yang dimaksud adalah sitrun dan pembersih lantai. Nah, campuran sitrun dan pembersih lantai ini bisa sangat ampuh membasmi kotoran membandel di kaca.

foto: Instagram/@hamper.interior

Cara pakainya pun cukup mudah. Pertama-tama, siapkan ember atau baskom. Setelah itu, tuang air panas secukupnya. Jika sudah, masukkan sitrun dan cairan pembersih lantai ke dalam wadah tersebut, lalu aduk-aduk sampai larut.

Selanjutnya, pindahkan cairan pembersih ini ke dalam botol spray. Jika dirasa terlalu panas, kamu bisa menambahkan air dingin terlebih dahulu. Lalu setelah dipindah, tutup botol dan kocok-kocok lagi.

foto: Instagram/@hamper.interior

Sebelum siap digunakan, sebaiknya kosongkan isi lemari dapur terlebih dahulu agar lebih mudah dibersihkan. Kemudian semprotkan cairan ini ke permukaan kaca lemari dapur yang kotor. Setelah itu, gosok-gosok menggunakan spons atau kain. Lakukan proses ini secara berulang di bagian luar dan dalam lemari.

Jika sudah, lap dengan kain kering. Tahap terakhir, diamkan sampai cairan pembersihnya benar-benar mengering. Dengan begitu, kaca lemari dapur akan jadi lebih bening dan kinclong seperti baru. Dalam kondisi seperti ini, kamu bisa langsung menata kembali isi lemari dapur dengan berbagai alat dapur dan alat makan.

foto: Instagram/@hamper.interior

Selain dengan sitrun dan cairan pembersih lantai, kamu juga dapat menggunakan bahan lain. Salah satu bahan dapur yang bisa dipakai adalah cuka dan baking soda. Kedua bahan ini punya sifat abrasif yang dapat mengangkat kotoran atau debu di permukaan kaca lemari dapur.

Unggahan tentang trik bersihkan kaca lemari ini telah disukai lebih dari 73 ribu pengguna Instagram. Nggak heran jika kemudian ada banyak warganet yang tertarik untuk mencobanya secara langsung. Di sisi lain ada juga pengguna Instagram yang memberikan saran lain dalam membersihkan kaca lemari dapur.

"Pake sunlight juga bisa , ngga harus superpel," ujar Instagram @amalia_rachmayanti.

"dah pake dari lamaaa.. buat bersihin bak mandi juga," sahut Instagram @aazkauliya.

"Ak pake buat cuci botol air es," kata Instagram @lidia_kambey.

"Citrun emang debest," tulis akun Instagram @vdhlvkr.

"Bisa kali buat aquarium," komentar akun Instagram @ummaqih.