Brilio.net - Lantai granit sering dipilih untuk melengkapi desain rumah karena tampilannya elegan dan mewah. Dengan tekstur dan pola alami yang indah, granit mampu memberikan sentuhan kelas pada setiap ruangan. Selain itu, kekuatan dan ketahanan granit terhadap goresan menjadikannya investasi jangka panjang yang menarik bagi banyak orang.

Namun, di balik kemewahan lantai granit, terdapat tantangan dalam hal perawatan. Salah satu masalah utama yang sering dihadapi adalah lantai granit cenderung mudah kusam. Seiring waktu, kilauan alami granit bisa memudar akibat debu dan kotoran yang menumpuk. Selain itu, lantai granit juga rentan terhadap bercak air saat dipel.

Air yang tidak segera dikeringkan dapat meninggalkan bercak yang mengurangi estetika lantai. Memang pada dasarnya, butuh bahan pembersih dan cara mengepel khusus untuk membersihkan lantai granit. Bukan tanpa sebab, hal ini dapat berpengaruh pada keawetan lantai granit di rumah. Jika dipel dengan baik, maka lantai granit akan tetap berkilau dan mengilap seperti baru.

Lebih lanjut, seorang pengguna Instagram @imassumiati31 pernah membagikan trik mengepel lantai granit di rumahnya. Supaya lantai selalu glowing, dia mengaku menambahkan dua bahan dapur saat mengepel lantai granit. Nah, dua bahan ini dapat membuat lantai jadi lebih kesat, nggak licin, dan bebas bercak air.

foto: Instagram/@imassumiati31

Dilansir BrilioFood dari Instagram @imassumiati31 pada Selasa (22/10), bahan dapur yang dimaksud adalah garam dan sabun cuci piring. Cara pakainya, cukup masukkan 1/2 sdt garam dan 3 tetes sabun cuci piring ke dalam ember. Lalu tambahkan cairan pembersih lantai secukupnya saja.

foto: Instagram/@imassumiati31

Selanjutnya, tuang air ke dalam ember sampai penuh. Dalam video tersebut, pengguna Instagram @imassumiati31 mengaku hanya menggunakan air biasa (suhu ruang), bukan air panas. Jadi, cocok dipraktikkan jika kamu menggunakan kain pel yang diperas manual.

foto: Instagram/@imassumiati31

Jika sudah, masukkan kain pel dan peras sampai airnya habis. Barulah kemudian gunakan kain pel tersebut untuk mengepel lantai. Lakukan hal ini ke seluruh ruangan sampai bersih, lalu tunggu sampai kering. Setelah kering, lantai jadi kesat, antikusam, dan bebas bercak air.

"Aku tuh udah pakai cara ini kurang lebih 2 tahun dan hasilnya terbukti, lantai granit di rumahku nggak kusam sedikit pun. Yang ada malah makin glowing, nih," kata Instagram @imassumiati31.

Telah ditonton lebih dari 8.000 kali, unggahan tentang cara mengepel lantai granit ini sontak menari perhatian warganet. Menilik kolom komentar, banyak pengguna Instagram lain yang kemudian memberikan tanggapan langsung. Sebagian besar menanyankan tentang kondisi lantai granit yang sudah dipel dengan cara tersebut.

Mau kasih pendapat, biasanya yg bikin lengket itu dari penggunaan sabun cuci piring atau cairan pembersih lantai yg terlalu banyak, boleh coba di kurangin, jgn sampai terlalu berbusa air nya," sahut Instagram @imassumiati31.