Agar hal itu tidak terjadi, sejumlah orang melakukan berbagai cara untuk menekan populasi tikus di rumah. Salah satu caranya adalah dengan menaruh racun di area-area yang sering dilalui tikus.

Ada banyak pilihan racun tikus yang dijual di pasaran. Namun, sebenarnya kamu bisa membuat sendiri racun tikus di rumah, lho. Apalagi bahan-bahan yang dibutuhkan mudah didapat.

Seorang pengguna YouTube Permana Cuy sempat menunjukkan tutorial membuat racun tikus cuma pakai satu jenis rempah, yakni cengkih. Caranya, taruh cengkih secukupnya di atas kain kasa.

foto: YouTube/Permana Cuy

Jika sudah, bungkus dan ikat kain kasa. Lalu taruh bungkusan kain kasa ini di area-area yang sering dilalui tikus.

Kamu bisa mendapatkan kasa dengan membelinya lewat e-commerce. Untuk mendapatkan rekomendasi kasa dengan harga termurah kamu bisa cek di bawah ini.

 

"Aroma cengkih ini tidak disukai sama tikus," ujarnya dikutip BrilioFood dari YouTube Permana Cuy pada Rabu (6/9).

foto: YouTube/Permana Cuy

Dalam videonya, tampak warganet satu ini menaruh bungkusan cengkih ini di beberapa area. Seperti belakang kulkas, di bawah meja, di belakang pintu, dan area lainnya. Menurutnya, cara ini membuat tikus pergi dengan sendirinya.

foto: YouTube/Permana Cuy

Telah ditonton hampir 3 juta kali, video ini sontak menyita perhatian warganet YouTube. Melalui kolom komentar, ada banyak pengguna YouTube lain yang memberikan respons langsung tentang cara membasmi tikus ini.

"Harus dicoba nih ekperimen nya mantap bosku ," tulis akun YouTube Bangtolemancing.

"Terima kasih banyak atas ilmunya yang luar biasa ya sob semoga bermanfaat buat kita bersama," ujar akun YouTube Acibabireun.

"Mantap tu boleh dibcoba di rumah hehe...," sahut akun YouTube Wahyuhidayat.

"Terima kasih ilmunya semoga bermanfaat bagi kita semua ," ucap akun YouTube Hafsazaura.

"Terimakasih sudah berbagi cara atasi tikus yang bandel ," tulis akun YouTube Khamidalayyubi.