Cara bersihkan karet stang motor buluk dan berkerak agar kinclong lagi.

Dilansir BrilioFood dari YouTube my asisten pada Rabu (8/5), bahan dapur yang digunakan adalah sabun cuci piring. Nah, sabun cuci piring ini dinilai sangat ampuh mengangkat noda membandel seperti kerak pada stang motor.

foto: YouTube/my asisten

Cara pakainya pun cukup mudah. Pertama-tama, bilas stang dengan air bersih terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan sabun cuci piring ke seluruh permukaan karet stang motor. Pastikan stang motor terolesi sabun cuci secara merata, ya.

Jika sudah, langsung gosok bagian stang ini dengan sikat gigi bekas. Atau jika nodanya sangat membandel, kamu bisa menggunakan sikat baju. Terus gosok secara merata, termasuk di celah-celah sempitnya. Dengan begitu, seluruh nodanya akan luntur dengan maksimal.

foto: YouTube/my asisten

Nah, sembari digosok, kamu bisa menambahkan sabun cuci piring lagi ke bagian stang yang berkerak. Lalu sikat terus sampai nodanya luntur. Jika sudah, bilas sambil digosok-gosok menggunakan tangan agar sabunnya hilang dan stang jadi bersih.

foto: YouTube/my asisten

Langkah terakhir, jangan lupa keringkan stang motor sebelum digunakan. Dengan begitu stang motor jadi lebih bersih dan tampilannya pun kinclong seperti baru. Kamu bisa memakai atau mengendarai motor dengan lebih nyaman karena tidak ada noda yang mengganggu di karet stangnya.

Telah ditonton lebih dari 25 ribu kali, video tentang cara bersihkan karet stang motor ini sontak menuai perhatian warganet. Bahkan beberapa di antaranya turut memberikan tanggapan di kolom komentar. Sebagian besar warganet ini mengaku takjub dengan hasil stang yang jadi tampak seperti baru.

 

Tips memperbaiki stang motor goyang.

Memperbaiki stang motor yang goyang adalah langkah penting untuk menjaga keselamatan berkendara. Berikut adalah sembilan tips untuk memperbaiki stang motor yang goyang.

1. Periksa penyangga stang.

Pastikan penyangga stang atau handlebar mount dalam kondisi baik dan tidak kendur atau rusak.

2. Periksa bearing stang.

Periksa kondisi bearing stang, pastikan tidak ada kerusakan atau keausan yang dapat menyebabkan stang goyang.

3. Periksa konektor dan baut.

Periksa semua konektor dan baut yang menghubungkan stang ke motor, pastikan semua baut terpasang dengan benar dan tidak kendur.

4. Periksa shock absorber.

Pastikan shock absorber dalam kondisi baik, karena shock absorber yang rusak dapat menyebabkan stang goyang.

5. Periksa steering head bearing.

Periksa kondisi bearing di bagian steering head, pastikan tidak ada kerusakan atau keausan yang dapat menyebabkan stang goyang.

6. Periksa lengan ayun.

Periksa kondisi lengan ayun, pastikan tidak ada kerusakan atau keausan yang dapat menyebabkan stang goyang.

7. Periksa ban dan suspensi.

Periksa kondisi ban dan suspensi, karena ban yang aus atau suspensi yang buruk dapat menyebabkan stang goyang.

8. Periksa fork.

Periksa kondisi fork, pastikan tidak ada kerusakan atau keausan yang dapat menyebabkan stang goyang.

9. Lakukan penyetelan ulang.

Jika setelah memeriksa semua komponen di atas stang masih goyang, lakukan penyetelan ulang pada sistem kemudi dan suspensi motor untuk menyeimbangkan stang.