Brilio.net - Bawang putih jadi salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan sebagai bumbu dasar berbagai macam hidangan. Bumbu satu ini dianggap bisa membuat rasa masakan jadi lebih gurih. Nggak cuma itu, aroma masakan pun semakin wangi saat disajikan.

Oleh karena itu, bawang putih sering distok di rumah dalam jumlah banyak. Saat akan dipakai, bawang putih harus dikupas dulu dari kulitnya. Setelah itu, bawang putih bisa diulek, diiris, ataupun diparut. Agar teksturnya halus sempurna, sebagian orang sengaja memarut bawang putih.

Meski pakai alat parut khusus, proses ini seringkali dihindari oleh sebagian orang, karena hasil parutannya bisa tercecer ke mana-mana. Mau nggak mau, kamu harus membersihkannya pakai tangan kosong. Alhasil, bau bawang putih bisa menempel di jari tangan.

Padahal, menghilangkan bau bawang putih di jari tangan nggak mudah, lho. Jika salah langkah, bau bawang bisa tertinggal di tangan dalam waktu lama. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa meniru cara yang ditunjukkan akun Instagram @lafina_indonesia saat memarut bawang putih.

foto: Instagram/@lafina_indonesia

Dilansir BrilioFood dari Instagram @lafina_indonesia pada Senin (8/7), tampak ia menggunakan alat parutan kejutan seperti biasa. Nggak langsung dipakai, alat parutan sengaja dibungkus pakai plastik warap. Tekan-tekan bagian ujungnya, agar parutan benar-benar terbungkus secara sempurna.

foto: Instagram/@lafina_indonesia

Setelah terbungkus sempurna, parutan baru bisa dipakai. Ambil satu buah bawang putih yang sudah dikupas lalu gosokkan ke permukaan parutan seperti memarut pada umumnya.

foto: Instagram/@lafina_indonesia

Tanpa mengeluarkan tenaga ekstra, bawang putih jadi langsung halus. Lantaran sudah dilapisi plastik, parutan bawang putih tampak mengumpul jadi satu di permukaan parutan.

foto: Instagram/@lafina_indonesia

Agar tangan bebas bau, ambil parutan bawang putih pakai sendok. Lakukan secara perlahan, agar parutan bawang putih tidak jatuh. Dengan cara ini, kamu juga nggak perlu repot mencuci parutan sehabis dipakai. Tinggal buka plastik pembungkusnya, lalu parutan bisa dipakai seperti biasanya.